Bantuan

Fokus Minggu Ini, 18 - 22 April

18/04/2022, 10:05

Musim pendapatan akan ramai dimulai pada minggu mendatang, tetapi masalah inflasi yang terus-menerus tinggi, Federal Reserve yang hawkish, dan ketidakpastian yang timbul dari perang di Ukraina tampaknya akan terus mendominasi sentimen pasar. Investor akan mengamati dengan cermat pernyataan Ketua Fed Jerome Powell pada hari Kamis, yang akan menjadi penampilan publik terakhirnya menjelang pertemuan Fed bulan Mei. Sementara itu, harga minyak akan tetap menjadi sorotan di tengah laporan bahwa Uni Eropa tengah mempertimbangkan larangan bertahap pada impor minyak Rusia. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda.

Pidato Powell

Ketua Fed Jerome Powell akan berpidato pada pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) pada hari Kamis dan kemudian pada hari itu ia akan mengambil bagian dalam diskusi panel soal ekonomi global bersama dengan Presiden European Central Bank Christine Lagarde dan para pengambil kebijakan bank sentral lainnya.

The Fed menaikkan suku bunga 25 bps pada pertemuan Maret dan sejak itu telah mengisyaratkan langkah 50 bps lagi di bulan Mei.

Banyak analis dan investor Wall Street yakin The Fed belum bergerak cukup cepat untuk memerangi inflasi yang tinggi dan sekarang mengantisipasi kenaikan suku bunga yang lebih agresif saat bank sentral itu mengejar ketertinggalannya.

Data minggu lalu menunjukkan harga konsumen naik 8,5% di bulan Maret, peningkatan tahunan tercepat sejak 1981.

Beberapa pejabat Fed lainnya juga dijadwalkan untuk tampil selama minggu ini, termasuk Presiden Fed St. Louis James Bullard, Presiden Fed Chicago Charles Evans dan Fed San Francisco Presiden Mary Daly.

Laporan pendapatan

Dengan musim pendapatan yang mulai meningkat, beberapa perusahaan unggulan Dow akan melaporkan kinerjanya selama minggu mendatang, termasuk raksasa perawatan kesehatan Johnson & Johnson, pendukung utama Procter & Gamble, IBM dan American Express. Investor juga akan melihat pendapatan dari raksasa streaming Netflix setelah penutupan pada hari Selasa dan produsen mobil listrik Tesla pada hari Rabu, juga setelah penutupan.

Pendapatan bank akan berlanjut Senin dengan Bank of America dan Bank of New York Mellon melaporkan sebelum pembukaan.

Tanda-tanda bahwa pendapatan perusahaan AS akan lebih baik daripada yang diharapkan tahun ini dapat memperkuat kasus untuk sektor pasar lainnya termasuk perbankan, perusahaan perjalanan atau perusahaan lain yang mendapat dorongan dari pertumbuhan ekonomi, atau saham-saham pertumbuhan tinggi dan teknologi yang menyebabkan saham lebih tinggi untuk sebagian besar dari dekade terakhir.

Ekonomi AS

Kalender ekonomi AS relatif ringan di minggu mendatang, menampilkan beberapa pembaruan di pasar perumahan. Data pembangunan dimulai dan izin bangunan akan keluar pada hari Selasa, diikuti dengan pembaruan penjualan rumah lama pada hari Rabu.

Data perumahan akan diawasi dengan ketat seiring kenaikan suku bunga hipotek AS sebagai respons terhadap suku bunga pasar yang lebih tinggi.

Laporan mingguan klaim pengangguran awal akan dirilis pada hari Kamis, bersama dengan Indeks manufaktur Fed Philadelphia. Data aktivitas sektor manufaktur dan jasa akan dirilis pada hari Jumat.

Harga minyak

Minyak naik lebih tinggi menjelang akhir pekan Paskah pada hari Kamis lalu dengan berita bahwa Uni Eropa kemungkinan secara bertahap melarang impor minyak Rusia yang menopang pergerakan harga. Pendekatan bertahap dirancang untuk memberi Jerman dan negara-negara lain waktu untuk mengatur pemasok alternatif.

Larangan Uni Eropa yang diusulkan akan diajukan untuk diperdebatkan hanya setelah putaran akhir pemilihan presiden Prancis pada 24 April untuk menghindari merusak peluang terpilihnya kembali Presiden Emmanuel Macron.

Uni Eropa telah menerapkan lima putaran sanksi yang semakin keras terhadap Rusia sejak invasinya ke Ukraina tetapi berada di bawah tekanan dari sekutunya untuk berbuat lebih banyak. Namun, blok tersebut tidak siap untuk menghadapi dampak ekonomi dari pelarangan impor minyak dari pemasok terbesarnya itu.

Data ekonomi

China akan merilis data PDB kuartal I pada hari Senin, tetapi investor kemungkinan akan lebih fokus pada angka penjualan ritel Maret, investasi aset tetap dan produksi industri untuk mendapat pandangan yang lebih terkini tentang bagaimana lockdown virus corona berdampak pada ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Zona Euro akan mempublikasikan data inflasi akhir untuk bulan Maret pada hari Kamis, yang diharapkan bakal mengkonfirmasi bahwa harga konsumen naik sebesar 7,5% tahun ke tahun, rekor kenaikan tercepat. Data produksi industri untuk Februari pada hari Rabu diperkirakan akan menunjukkan sedikit peningkatan.

Zona Euro dan Inggris akan merilis data PMI pada hari Jumat yang mungkin mulai menunjukkan beberapa dampak ekonomi dari perang Ukraina. Pada hari yang sama Inggris akan mempublikasikan data penjualan ritel bulan Maret yang diperkirakan akan menunjukkan penurunan bulanan kedua.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik