Bantuan

Forex Hari Ini, 18 November

18/11/2022, 16:15

Berikut adalah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 18 November:

Dolar AS (USD) mengambil keuntungan dari suasana pasar yang menghindari risiko pada hari Kamis dan Indeks Dolar AS akhirnya menutup hari dengan sedikit lebih tinggi. Dengan patokan imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun yang melemah dan suasana pasar membaik di awal hari Jumat, USD mengalami kesulitan mempertahankan kekuatannya. Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde dijadwalkan menyampaikan pidato pada 11:30 GMT (18:30 WIB). Kemudian pada hari itu, data Penjualan Rumah yang Ada Oktober akan ditampilkan dalam kalender ekonomi AS. Menjelang akhir pekan, pelaku pasar akan memperhatikan komentar dari para gubernur bank sentral.

Pada hari Kamis, data dari AS mengungkapkan bahwa Perumahan Baru dan Izin Mendirikan Bangunan masing-masing turun 4,2% dan 2,4% pada bulan Oktober, mengingatkan investor tentang dampak negatif dari pengetatan Federal Reserve AS (Fed) di pasar perumahan.

Sementara itu, Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard mengatakan bahwa kebijakan moneter belum cukup ketat untuk mengurangi inflasi. Mengomentari prospek suku bunga, Presiden Minneapolis Federal Reserve Bank Neel Kashkari mencatat bahwa tidak jelas seberapa tinggi Fed perlu menaikkan suku bunga kebijakan untuk menurunkan inflasi dengan menahan permintaan melalui biaya pinjaman yang lebih tinggi. Meskipun imbal hasil obligasi-Treasury AS 10-tahun naik lebih dari 2% pada hari Kamis, namun kehilangan traksinya dan terakhir terlihat stabil di sekitar 3,75%.

EURUSD jatuh menuju 1,0300 pada hari Kamis tetapi menghapus sebagian besar penurunan hariannya sebelum menutup hari di atas 1,0350. Pasangan ini diperdagangkan dalam kisaran sempit di sekitar 1,0370 pada awal Jumat karena investor menunggu katalis berikutnya.

GBPUSD turun tajam selama jam perdagangan Eropa pada hari Kamis dan menyentuh level terendah harian 1,1764 sebelum melakukan pemulihan yang menentukan di kemudian hari. Pasangan ini saat ini diperdagangkan sedikit di bawah 1,1900, membukukan kenaikan harian yang moderat. Saat mempresentasikan Anggaran Musim Gugur ke parlemen, Kanselir Inggris Jeremy Hunt mengumumkan kenaikan pajak dan pemotongan pengeluaran sebesar £55 miliar untuk mengisi kesenjangan pendanaan yang sangat besar. "Pernyataan hari ini memberikan konsolidasi sebesar £55 miliar dan berarti inflasi dan suku bunga berakhir secara signifikan lebih rendah," jelas Hunt. Sementara itu, data yang diterbitkan oleh Kantor Statistik Nasional Inggris mengungkapkan bahwa Penjualan Ritel naik 0,6% pada bulan Oktober.

Data dari Jepang menunjukkan pada hari Jumat bahwa Indeks Harga Konsumen Nasional (IHK) melonjak menjadi 3,7% pada bulan Oktober dari 3% pada bulan September. Angka ini jauh lebih tinggi dari ekspektasi pasar sebesar 2,7%. Mengomentari laporan inflasi, "memang benar bahwa data IHK menunjukkan kenaikan harga yang signifikan," Gubernur Bank of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda mengakui. Namun, mengenai prospek kebijakan, Kuroda menegaskan kembali bahwa mereka akan mempertahankan kebijakan moneter yang mudah untuk mendukung perekonomian. USDJPY melemah selama jam perdagangan Asia dan terakhir terlihat diperdagangkan di wilayah negatif di bawah 140,00.

Tertekan oleh kenaikan imbal hasil obligasi-Treasury AS, harga Emas turun hampir 1% pada hari Kamis dan mencatat penurunan untuk hari kedua berturut-turut. Dengan imbal hasil AS bertahan stabil pada awal Jumat, XAUUSD berhasil berubah positif pada hari itu di atas $1.760.

Bitcoin terus bergerak naik turun dalam saluran sempit di atas $16.000 untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Jumat. Ethereum kehilangan lebih dari 1% pada hari Kamis tetapi rebound di atas $1.200 pada awal Jumat.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik