Fokus Minggu Ini, 20-24 September

20/09/2021, 14:45

Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda.

Pertemuan Federal Reserve akan menjadi sorotan minggu ini dan meskipun tidak ada perubahan yang diharapkan dari para petinggi yang cenderung mengisyaratkan bahwa mereka bergerak lebih dekat untuk mengurangi langkah-langkah stimulus. Selain pertemuan Fed, kalender ekonomi AS tak terlalu banyak, sebagian besar pembaruan berasal dari pasar perumahan dan beberapa laporan pendapatan. 

Beberapa bank sentral lainnya juga akan mengadakan pertemuan dalam seminggu ke depan, antara lain Bank of Japan dan Bank of England.

Sementara itu, pengembang properti China Evergrande menghadapi prospek gagal bayar utangnya, memicu kekhawatiran rentetan penularan yang bisa menyebar ke pasar di luar China. 

Pertemuan Federal Reserve

The Fed akan memulai pertemuan kebijakan dua hari mulai Selasa setempat menjelang pengumuman kebijakan pada Rabu sore dan investor akan mengamati rincian rencana bank sentral itu untuk mulai mengurangi program stimulus darurat senilai $120 miliar per bulan.

Garis waktu The Fed untuk mengurangi stimulus ekonomi adalah penting karena ini merupakan langkah pertama menuju kenaikan suku bunga.

Beberapa pejabat Fed mengatakan pengurangan harusnya dimulai tahun ini, pandangan yang mungkin digaungkan oleh Ketua Fed Jerome Powell, di saat menekankan kenaikan suku bunga masih jauh.

The Fed mungkin tetap berpegang pada pendekatan hati-hati yang memberikan ketidakpastian ekonomi seiring meningkatnya kasus COVID-19 dan laporan pekerjaan yang lemah untuk Agustus.

Data ekonomi

Kalender data AS untuk minggu ini berpusat di sekitar angka perumahan, yang diperkirakan akan stabil setelah sedikit mengalami peningkatan persetujuan hipotek untuk pembelian rumah dalam beberapa pekan terakhir.

Data perumahan awal dan data izin bangunan akan keluar pada hari Selasa, diikuti oleh angka penjualan rumah lama pada hari Rabu dan data penjualan rumah baru akan dirilis pada hari Jumat.

Pengamat pasar juga akan memantau laporan Kamis tentang klaim pengangguran awal di tengah kekhawatiran dampak negatif pemulihan ekonomi pada kuartal saat ini dari penyebaran varian virus corona Delta, terutama di antara orang-orang yang ragu-ragu untuk vaksinasi.

Pasar saham

Pengumuman kebijakan Fed hari Rabu akan menjadi pendorong arah utama untuk pasar ekuitas di minggu ini.

Selain kekhawatiran tentang prospek kebijakan moneter yang lebih ketat karena Fed tapering pasar ekuitas sedang diterpa kekhawatiran bahwa varian Delta dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi di bulan-bulan mendatang dan prospek kenaikan pajak perusahaan.

September, secara tradisional merupakan bulan yang lemah untuk pasar saham, sejauh ini S&P 500 turun hampir 2%.

Investor juga akan mengamati beberapa pendapatan dari FedEx, General Mills, Nike dan Costco  semuanya ada di dalam peta.

Saham Nike melemah awal pekan lalu menyusul penurunan peringkat dari BTIG karena masalah rantai pasokan.

Rapat bank sentral

Selain The Fed, beberapa bank sentral global besar lainnya juga akan mengadakan pertemuan dalam beberapa hari mendatang.

Bank of Japan, yang juga bertemu pada hari Selasa dan Rabu, diperkirakan akan menjaga kebijakan tetap stabil tetapi mungkin mengingatkan tentang meningkatnya risiko ekspor dari gangguan pasokan.

Pada hari Kamis, bank sentral Norwegia akan menjadi yang pertama dari negara maju yang menaikkan suku bunga sejak pandemi, kemungkinan menaikkan suku bunga utama 0% menjadi 0,25%.

Bank of England mungkin tidak mengubah kebijakan pada pertemuan Kamis tetapi dapat menunjukkan apakah masih memandang inflasi bersifat sementara.

Momen genting untuk Evergrande

Perusahaan pengembang properti China yang berhutang, Evergrande, harus membayar bunga obligasi senilai $83,5 juta yang jatuh tempo pada hari Kamis dan investor menilai kemungkinan besar perusahaan gagal bayar.

Jumlah yang sangat kecil itu bisa menjadi titik kritis bagi raksasa senilai $355 miliar dengan lebih dari 1.300 pembangunan di seluruh China dan lebih dari $300 miliar kewajiban menunjukkan betapa buruknya hal itu.

Pengembang terbesar kedua di China ini telah berusaha keras untuk mengumpulkan uang tunai, dengan melakukan penjualan apartemen dan penjualan saham di jaringan bisnisnya yang luas, tetapi hanya sedikit yang berhasil.

Kekhawatiran bahwa Evergrande dapat gagal membayar utangnya bisa meluas ke pasar keuangan China dan bahkan berisiko dapat menyebar ke pasar di luar China.

 

Fokus Minggu Ini:

Senin

Hari libur pasar di Jepang, Cina dan Korea Selatan

Selasa

08.30: Australia – Risalah Pertemuan RBA

Pasar Cina dan Korea Selatan tetap tutup untuk liburan

19.30: AS – Izin Mendirikan Bangunan : diperkirakan turun ke 1,60oM dari 1,630M sebelumnya.

Rabu

10.00: Jepang – Keputusan Suku Bunga BoJ : diperkirakan akan tetap di -0,10%.

21.00: AS – Penjualan Rumah yang Ada : diperkirakan turun menjadi 5,88 juta dari 5,99 juta.

21.30: AS – Persediaan Minyak Mentah : cetakan sebelumnya menunjukkan penurunan, -6.422 juta bbl.

Kamis

01.00: AS – Keputusan Suku Bunga Fed: suku bunga tetap di 0,25%.

01.00: AS – Pernyataan FOMC

14.30: Swiss – Keputusan Suku Bunga SNB : diprediksi bertahan di -0,75%.

15.330: Inggris - IMP Manufaktur : kemungkinan akan turun ke 59,0 dari 60,3.

18.00: Inggris – Keputusan Suku Bunga BoE : tetap stabil di 0,10%.

19.30: AS – Klaim Pengangguran Awal : terlihat turun ke 320 ribu dari 332 ribu.

19.30: Kanada – Penjualan Ritel Inti : diperkirakan turun ke -1,7% dari 4,2%.

Jumat

15.00: Jerman – Indeks Iklim Bisnis Ifo : diprediksi turun ke 98,9 dari 99,4.

21.00: AS – Penjualan Rumah Baru : tumbuh menjadi 713 ribu dari 708 ribu.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading