Bantuan

Forex Hari Ini, 21 Januari

21/01/2022, 16:30

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 21 Januari:

Aliran safe-haven terus mendominasi pasar keuangan pada hari perdagangan terakhir dalam seminggu dengan indeks ekuitas global menderita kerugian besar. Konflik Rusia-Ukraina, ketakutan inflasi dan pengetatan kebijakan Federal Reserve AS memaksa investor untuk mencari perlindungan.

Indeks Dolar AS, yang naik ke level tertinggi dalam lebih dari seminggu di 95,86 pada hari Kamis, tetap relatif tenang pada awal Jumat. Dengan tidak adanya rilis data tingkat tinggi, persepsi risiko kemungkinan akan berdampak pada pasar menjelang akhir pekan.

Meskipun langkah-langkah pelonggaran kebijakan Bank Rakyat China, Shanghai Composite Index turun lebih dari 0,8% dan Indeks Nikkei kehilangan 0,9% pada hari Jumat. Indeks saham berjangka AS turun antara 0,2% dan 1% di awal sesi Amerika. Indeks S&P 500 telah kehilangan 4% minggu ini dan Indeks Komposit Nasdaq yang sensitif terhadap risiko mencatatkan penutupan harian terendah sejak Juni pada hari Kamis.


Lingkungan pasar yang menghindari risiko meningkatkan permintaan untuk obligasi Treasury AS yang bebas risiko, memungkinkan imbal hasil turun lebih rendah. Benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun terus melemah menuju 1,75% dan turun hampir 2% setiap hari.

EUR/USD beringsut lebih rendah menuju 1,1300 selama jam perdagangan Asia pada hari Jumat tetapi melakukan rebound moderat di pagi hari Eropa. Mata uang bersama kemungkinan akan mengungguli saingannya yang sensitif terhadap risiko dalam suasana pasar saat ini dan mempertahankan posisinya terhadap greenback dalam waktu dekat.

GBP/USD diperdagangkan di bawah 1,3600 Jumat pagi setelah gagal melakukan rebound pada hari Kamis. Data mengecewakan dari Inggris, yang menunjukkan bahwa Penjualan Ritel turun 3,7% pada basis bulanan di bulan Desember, menyulitkan pound Inggris untuk menemukan permintaan.

Emas memperpanjang reli menuju $1.850 pada hari Kamis tetapi akhirnya menutup hari di wilayah negatif di bawah $1.840. Penurunan lainnya dalam imbal hasil obligasi T AS dapat membantu logam kuning mengumpulkan kekuatan tetapi sisi atas XAU/USD dapat dibatasi di tengah aksi ambil untung menjelang akhir pekan.

USD/JPY tetap di bawah tekanan bearish dengan JPY menemukan permintaan sebagai safe haven tradisional . Pasangan ini diperdagangkan di bawah 114,00 Jumat pagi dan tetap di jalur untuk menutup minggu kedua berturut-turut di wilayah negatif.

USD/CAD merayap lebih tinggi setelah ditutup di dekat 1,2500 untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Kamis. Barel West Texas Intermediate diperdagangkan di zona merah di bawah $84 pada awal Jumat, sehingga sulit bagi loonie terkait komoditas untuk tetap tangguh terhadap mitra Amerika-nya. Nanti di sesi ini, Statistics Canada akan merilis angka Penjualan Ritel November.

Bitcoin turun di bawah dan terakhir terlihat diperdagangkan pada level terendah sejak Agustus di $38.600. Ethereum mencatat kerugian untuk hari keempat berturut-turut pada hari Kamis dan sudah turun lebih dari 5% setiap hari, diperdagangkan mendekati $2.800.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik