Bantuan

Forex Hari Ini, 22 Februari

22/02/2022, 15:35

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 22 Februari:

Aliran safe-haven mulai mendominasi pasar keuangan Senin malam setelah Kremlin mengumumkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan menandatangani dekrit untuk mengakui wilayah memisahkan diri di Ukraina Timur, Donetsk dan Luhansk, sebagai negara merdeka.

Selasa pagi, aset sensitif risiko sedang berjuang untuk menemukan permintaan dan greenback tetap tangguh terhadap rival utamanya. Survei IFO dari Jerman akan dilihat untuk dorongan baru di sesi Eropa. Pada paruh kedua hari ini, Indeks Keyakinan Konsumen Conference Board dan IMP Markit akan ditampilkan dalam kalender ekonomi AS .

Deputi Penasihat Keamanan Nasional Kepala Gedung Putih Jonathan Finer mengatakan bahwa mereka sepenuhnya mengharapkan Rusia untuk mengambil tindakan militer dan menambahkan bahwa tanda-tanda di lapangan tidak menunjukkan bahwa Rusia sedang mencari solusi diplomatik.

Selanjutnya, seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS akan mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia pada hari Selasa sebagai tanggapan atas "keputusan dan tindakan" Moskow pada hari Senin. Di sisi lain, parlemen Rusia dilaporkan akan meninjau perjanjian persahabatan dengan wilayah pada hari Selasa.

Sementara itu, kementerian luar negeri Rusia mengatakan Selasa pagi bahwa Rusia selalu terbuka untuk pembicaraan dan diplomasi tetapi komentar ini tampaknya tidak membantu memperbaiki suasana pasar. Mencerminkan lingkungan pasar yang menghindari risiko, S&P Futures turun lebih dari 2%, imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun turun 2% pada 1,86% dan Indeks Dolar AS membukukan kenaikan harian kecil di atas 96,00.

EUR/USD menyentuh terendah baru mingguan 1,1288 di akhir sesi Asia pada hari Selasa tetapi berhasil rebound ke 1,1300 menjelang sesi Eropa.

Emas mendapatkan kembali daya tariknya di balik aliran safe-haven dan naik ke level tertinggi sejak Juni di $1.914. Pada saat berita ini dimuat, XAU/USD mempertahankan kenaikan harian moderat di dekat $1.910.

GBP/USD beringsut lebih rendah di tengah penguatan dolar yang diperbarui dan turun di bawah 1,3600 pada hari Selasa. Deputi Gubernur Bank of England (BoE) Dave Ramsden dijadwalkan untuk menyampaikan pidato pada 1045 GMT.

Harga minyak mentah melonjak lebih tinggi pada hari Senin dan barel West Texas Intermediate naik lebih dari 2% untuk menutup hari di dekat $94,00. Meskipun WTI melakukan koreksi pada Selasa pagi, ia terus diperdagangkan di atas $93,00.

USD/JPY jatuh ke level terlemahnya dalam hampir tiga minggu di 114,53 selama jam perdagangan Asia sebelum memangkas kerugiannya dan berbalik datar hari ini di dekat 114,80 di pagi Eropa.

Bitcoin tetap tertinggal di dekat $37.000 setelah menderita kerugian besar pada hari Senin. Ethereum jatuh untuk hari ketujuh berturut-turut dan diperdagangkan pada level terendah sejak akhir Januari di $2.500

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik