Euro Kembali Tergelincir

22/11/2021, 18:25

Euro jatuh pada hari Senin untuk diperdagangkan mendekati level terendah 16-bulan di tengah meningkatnya kekhawatiran atas dampak pembatasan COVID-19 baru di Eropa, dengan Austria memulai penguncian penuh dan Jerman mempertimbangkan untuk mengikutinya.

Austria memulai penguncian keempatnya, yang pertama kali diperkenalkan sejak vaksin tersedia secara luas, menutup pasar, bar, kafe, dan teater Natal.

Gelombang infeksi keempat telah menjerumuskan Jerman, ekonomi terbesar Eropa, ke dalam keadaan darurat nasional, kata Menteri Kesehatan Jens Spahn, memperingatkan bahwa vaksinasi saja tidak akan mengurangi jumlah kasus.

Euro tergelincir 0,25% menjadi $1,122 pada 0905 GMT, mendekati level terendah 16-bulan yang disentuh pada hari Jumat ketika Austria mengumumkan penguncian.

"Premi risiko terkait pandemi telah membuat pengembalian yang tidak diinginkan ke pasar FX Eropa dan dapat membuat Euro rentan minggu ini," kata analis.

Penguncian dan tekanan baru pada sektor jasa di Eropa sekarang memberi Bank Sentral Eropa lebih banyak alasan untuk memperlambat pengetatan kebijakannya, Turner menambahkan.

Terhadap sterling, euro naik tipis 0,1% lebih tinggi pada 83,95 pence, setelah menyentuh level terendah terhadap mata uang Inggris sejak Februari 2020 karena pasar membebani komentar hati-hati Gubernur Bank of England Andrew Bailey tentang inflasi selama akhir pekan.

Pasar mengharapkan BoE menjadi bank sentral besar pertama yang menaikkan suku bunga sejak awal pandemi dalam upaya untuk mengatasi inflasi yang mencapai level tertinggi 10 tahun karena tagihan energi rumah tangga meroket.

Sementara itu, dolar mendapat dukungan tambahan dari komentar bullish oleh pejabat Federal Reserve Richard Clarida dan Christopher Waller pada hari Jumat yang menyarankan langkah yang lebih cepat dari pengurangan stimulus mungkin tepat di tengah pemulihan yang cepat dan inflasi yang memanas.

Indeks dolar , yang mengukur mata uang terhadap enam mata uang utama, diperdagangkan sedikit berubah pada 96,141, tinggal dalam melihat minggu lalu 16 bulan tinggi 96,266.

Pengakhiran tapering yang lebih cepat meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga lebih awal juga.

Risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal pada awal bulan ini, ketika pembuat kebijakan mengumumkan mulai meruncing, akan dirilis Rabu. Mereka mungkin memberikan lebih banyak wawasan tentang berapa banyak pejabat Fed yang mempertimbangkan pengurangan lebih cepat atau kenaikan suku bunga lebih awal.

Presiden AS Joe Biden juga kemungkinan akan mengumumkan calonnya untuk ketua Fed minggu ini, setelah mewawancarai petahana Jerome Powell dan gubernur Fed Lael Brainard.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik