Bantuan

Forex Hari Ini, 23 Februari

23/02/2022, 16:05

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Rabu, 23 Februari:

Dampak positif dari meredanya kekhawatiran atas konflik militer antara Rusia dan Ukraina pada sentimen risiko memudar di paruh kedua hari Selasa ketika AS memberlakukan sanksi terhadap Rusia. Indeks utama Wall Street menutup hari jauh di wilayah negatif dan imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun turun untuk hari keempat berturut-turut.

Pasar tetap relatif tenang Rabu pagi karena investor tetap fokus pada geopolitik. Kalender ekonomi hari Rabu tidak akan menawarkan rilis data berdampak tinggi.

Rabu pagi, suasana pasar tetap cukup optimis dengan indeks saham berjangka AS naik antara 0,15% dan 0,25%. Indeks Dolar AS, yang ditutup sedikit berubah di dekat 96,00 untuk hari kedua berturut-turut pada hari Selasa, terus bergerak menyamping. Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan Selasa malam bahwa mereka tidak yakin bagaimana sanksi terhadap Rusia akan berdampak pada kegiatan ekonomi. "The Fed perlu pindah dari sikap kebijakan darurat dan dapat melakukannya tanpa membahayakan lapangan kerja," tambah Bostic tetapi komentar ini gagal memicu reaksi pasar yang nyata.

NZD/USD diperdagangkan pada level tertinggi dalam sebulan di atas 0,6770 didorong oleh prospek kebijakan hawkish Reserve Bank of New Zealand (RBNZ). Seperti yang diharapkan, RBNZ menaikkan suku bunga kebijakannya, suku bunga resmi (OCR), sebesar 25 basis poin menjadi 1% dan Gubernur RBNZ Adrian Orr mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengesampingkan kenaikan suku bunga 50 basis poin di masa depan. "Jumlah pengetatan melalui penjualan obligasi sangat kecil, ini semua tentang OCR," tambah Orr.

EUR/USD diperdagangkan dalam kisaran yang relatif ketat di atas 1,1300 pada Rabu pagi meskipun ada komentar hawkish dari anggota Dewan Pemerintahan Bank Sentral Eropa Robert Holzmann. "ECB dapat mengambil langkah suku bunga pertama di musim panas dan yang kedua pada akhir 2022," kata Holzmann dalam sebuah wawancara dengan NNZ.

GBP/USD turun ke 1,3540 pada hari Selasa tetapi berhasil menghapus sebagian besar penurunan hariannya menjadi ditutup pada 1,3580. Pasangan ini berfluktuasi dalam kisaran ketat di bawah 1,3600 di pagi hari Eropa. Kemudian di sesi tersebut, Gubernur Bank of England (BOE) Andrew Bailey akan mempresentasikan Laporan Kebijakan Moneter kepada parlemen Inggris.

Emas naik ke tertinggi baru multi-bulan di atas $1.910 pada hari Selasa tetapi kehilangan daya tariknya dengan arus safe-haven mendingin. XAU/USD tampaknya telah memasuki fase konsolidasi di dekat $1.900 pada pertengahan minggu.

Bitcoin melakukan rebound setelah jatuh ke posisi terendah multi-minggu pada hari Selasa tetapi terus diperdagangkan di bawah $40.000. Ethereum terus naik lebih tinggi setelah ditutup di wilayah positif pada hari Selasa dan terakhir terlihat naik lebih dari 1% di dekat $2.700.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik