Bantuan

Forex Hari Ini, 23 Juni

23/06/2022, 16:40

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Kamis, 23 Juni:

Pasar tetap menghindari risiko pada hari Kamis karena investor semakin khawatir atas resesi global. Indeks saham berjangka AS dan indeks ekuitas utama di Eropa mendorong lebih rendah di pagi Eropa dan dolar terus mencari permintaan sebagai tempat yang aman. Kemudian di sesi tersebut, Ketua FOMC Jerome Powell akan bersaksi di depan Komite Jasa Keuangan DPR. IMP Manufaktur dan Layanan S&P Global juga akan ditampilkan dalam kalender ekonomi AS bersama dengan data Klaim Pengangguran Awal mingguan Departemen Tenaga Kerja AS.

Sebelumnya pada hari itu, data dari Jerman dan Prancis menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di sektor swasta tumbuh lebih lambat dari yang diharapkan pada awal Juni. Demikian pula, IMP Komposit zona euro turun menjadi 51,9 dari 54,8 di bulan Mei, meleset dari ekspektasi pasar 54.

Saat bersaksi di depan Komite Perbankan Senat pada hari Rabu, Powell mengakui bahwa kenaikan suku bunga Fed dapat menyebabkan resesi. Ketika ditanya tentang kemungkinan The Fed mempertimbangkan kenaikan suku bunga 100 basis poin dalam waktu dekat, Powell mengatakan mereka tidak akan mengambil ukuran kenaikan suku bunga apa pun. Menyusul komentar ini, benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun kehilangan hampir 4% pada hari Rabu dan terus mendorong lebih rendah pada Kamis pagi, menyoroti suasana pasar yang hati-hati.

Setelah menghabiskan sesi Asia dalam kisaran yang relatif ketat di bawah 1,0600, EUR/USD kehilangan daya tariknya pada hari Kamis dan turun menuju 1,0500. Data PMI yang mengecewakan dari kawasan euro tampaknya sangat membebani mata uang bersama.

GBP/USD menderita kerugian besar Kamis pagi dan diperdagangkan di bawah 1,2200. Pound Inggris mengalami kesulitan menemukan permintaan karena investor terus menjauh dari aset yang sensitif terhadap risiko. Indeks FTSE 100 Inggris terakhir terlihat turun hampir 1% hari ini.

Terlepas dari penguatan dolar berbasis luas, USD/JPY mendorong lebih rendah dan terakhir terlihat diperdagangkan jauh di wilayah negatif di bawah 135,50. JPY tampaknya memanfaatkan aliran safe-haven sejauh ini pada hari ini.

Emas berjuang untuk menemukan arah dan bergerak naik turun dalam kisaran ketat di dekat $1,840. Meskipun penurunan imbal hasil obligasi-T AS, penguatan dolar yang diperbarui tidak memungkinkan XAU/USD untuk mendapatkan daya tarik.

AUD/USD tetap di bawah tekanan bearish yang berat dan diperdagangkan di bawah 0,6900. Meskipun data PMI dari Australia datang lebih baik dari yang diharapkan, AUD terus kehilangan minat karena pelaku pasar mencari perlindungan.

Bitcoin sedang melakukan rebound dan diperdagangkan mendekati $20.500 pada Kamis pagi setelah sempat turun di bawah $20.000 pada hari Rabu. Demikian pula, Ethereum naik lebih dari 4% mendekati $1.100 setelah penurunan 6,75% pada hari Rabu.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik