Pertumbuhan Melambat Jelang Pertemuan BOE

23/09/2021, 17:05

Ekonomi Inggris kehilangan lebih banyak momentum bulan ini karena bisnis bergulat lagi dengan kenaikan biaya, sebuah survei menunjukkan, menyoroti latar belakang yang sulit bagi pejabat Bank of England menjelang keputusan suku bunga Kamis.

Indeks Manajer Pembelian Komposit IHS Markit/CIPS flash awal "flash" turun untuk bulan keempat berturut-turut di bulan September ke angka terendah sejak Februari, turun ke 54,1 dari 54,8 di Agustus.

Sebuah jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom telah menunjukkan angka 54,5. Survei menunjukkan perlambatan baik di sektor jasa dan manufaktur.

Pembacaan, yang akan dilihat oleh pejabat BoE sebelum pengumuman kebijakan bank sentral 1100 GMT, menambah tanda-tanda memudarnya momentum dalam perekonomian seperti lonjakan inflasi, didorong oleh masalah rantai pasokan global dan kenaikan harga energi.

"Data PMI September akan menambah kekhawatiran bahwa ekonomi Inggris sedang menuju 'stagflasi'," kata analis yang mengumpulkan data PMI.

"Meskipun ada tanda-tanda yang jelas bahwa permintaan mendingin sejak memuncak pada kuartal kedua, survei juga menunjukkan aktivitas bisnis semakin dibatasi oleh kekurangan bahan dan tenaga kerja, terutama di sektor manufaktur tetapi juga di beberapa perusahaan jasa."

PMI untuk sektor jasa turun menjadi 54,6 pada September dari 55,0 pada Agustus, level terendah sejak Februari ketika Inggris masih dikunci.

Ekspektasi bisnis di antara perusahaan jasa turun ke level terendah sembilan bulan dan mereka menaikkan harga secara luas sejak pencatatan dimulai pada pertengahan 1990-an.

"Brexit sering disebut-sebut telah memperburuk pasokan terkait pandemi global dan kendala pasar tenaga kerja, serta sering disalahkan atas hilangnya penjualan ekspor," kata analis.

Sementara BoE mengatakan pihaknya memperkirakan kenaikan inflasi saat ini bersifat sementara, kenaikan tersebut telah menempatkan penentu suku bunga di bawah tekanan lebih untuk menjelaskan bagaimana mereka berencana untuk melepaskan stimulus yang diluncurkan tahun lalu untuk membantu perekonomian melalui pandemi COVID-19.

PMI untuk sektor manufaktur turun menjadi 56,3 pada September dari 60,3 pada Agustus, juga menandai level terendah sejak Februari. 

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading