Bantuan

Fokus Minggu Ini, 24 - 28 Januari

24/01/2022, 14:00

Ini akan menjadi minggu yang besar bagi pasar, antara pertemuan Federal Reserve dan berbagai laporan pendapatan perusahaan besar. Ketua Fed Jerome Powell diperkirakan akan memberi sinyal bahwa bank sentral berada di jalur untuk memberikan kenaikan suku bunga pertama sejak tahun 2018 pada bulan Maret, dalam upaya untuk mengatasi lonjakan inflasi.

Raksasa teknologi Microsoft, Apple dan Tesla akan melaporkan pendapatan dengan investor yang memantau hasil pendapatan untuk mendapatkan kepastian ke depan setelah aksi jual minggu lalu, tetapi volatilitas pasar tampaknya akan berlanjut untuk saat ini. Ada juga data PDB kuartal IV di AS, sementara data ekonomi dari Inggris Raya dan Zona Euro akan menunjukkan dampak varian Omicron. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda.

Fed akan memberi sinyal kenaikan bunga Maret

Investor akan mencermati kebijakan Fed untuk mendapatkan kejelasan lanjutan mengenai jalur suku bunga di masa depan setelah data minggu lalu menunjukkan inflasi AS naik mendekati level tertinggi empat puluh tahun.

Jerome Powell diperkirakan menunjukkan bahwa Fed akan mengakhiri program stimulus pembelian obligasi sesuai jadwal pada pertemuan Maret dan menaikkan suku bunga seperempat poin dari level saat ini mendekati nol pada pertemuan yang sama.

Dengan pasar yang sudah memperkirakan kira-kira empat tingkat kenaikan suku bunga tahun ini investor juga akan fokus pada apa yang Fed katakan mengenai neraca senilai hampir $9 triliun.

Pasar saat ini mengharapkan Fed untuk mulai memangkas neraca tahun ini sebagai cara untuk memperketat kebijakan moneter. Risalah pertemuan The Fed bulan Desember menunjukkan bahwa para pejabat mengadakan diskusi panjang tentang pengurangan kepemilikan obligasi.

Setiap indikasi bahwa neraca dapat menyusut lebih cepat daripada di masa lalu dapat memperpanjang aksi jual Treasuries dan saham-saham teknologi.

Laporan pendapatan

Perusahaan raksasa teknologi Microsoft, Apple dan Tesla menjadi di antara perusahaan-perusahaan besar yang akan melaporkan hasil pendapatan dalam minggu yang sibuk, dan investor ingin memisahkan kisah sukses pandemi dari kinerja perusahaan yang kuat secara fundamental.

Saham sorotan FAANG, Netflix jatuh lebih dari 20% pada hari Jumat, membebani S&P 500 dan Nasdaq, setelah memperkirakan pertumbuhan pelanggan baru di kuartal I akan berkurang dari setengah prediksi analis.

Microsoft, yang melaporkan laba Selasa, diharapkan melaporkan pendapatan kuartalan lebih dari $50 miliar untuk pertama kalinya, menurut data yang dikumpulkan oleh FactSet.

Tesla dan Apple, masing-masing melaporkan Rabu dan Kamis, diperkirakan akan membukukan rekor keuntungan menurut FactSet.

Di luar sektor teknologi, ada sejumlah perusahaan besar lainnya yang melaporkan termasuk 3M, GE, IBM, Intel, Caterpillar dan American Express, Boeing, Mastercard, Visa, McDonald's, Johnson & Johnson, dan Colgate-Palmolive juga dijadwalkan akan menyampaikan laporan.

Turbulensi pasar

Pasar tampaknya akan tetap bergejolak di minggu mendatang di mana investor fokus pada The Fed dan pendapatan.

Dalam kelanjutan aksi jual teknologi yang telah mendorong Nasdaq ke wilayah koreksi, indeks utama Wall Street ditutup melemah tajam pada hari Jumat. S&P 500 dan perusahaan teknologi Nasdaq membukukan persentase penurunan mingguan terbesar sejak dimulainya pandemi pada Maret 2020.

Perusahaan teknologi sebagian besar diuntungkan selama pandemi dan sahamnya melonjak selama dua tahun terakhir.

Tetapi saham teknologi dan pertumbuhan telah terpukul keras sejak awal 2022 oleh kenaikan cepat imbal hasil Treasury di belakang ekspektasi bahwa Fed akan menaikkan suku bunga secara agresif untuk melawan inflasi yang tinggi.

Tarif yang lebih tinggi dapat merugikan perusahaan teknologi dengan penilaian tinggi berdasarkan prospek keuntungan di masa depan.

Data ekonomi AS

Pada hari Kamis, AS akan merilis data lanjutan produk domestik bruto kuartal IV dengan para ekonom memperkirakan pertumbuhan tahunan sebesar 5,2%. Ekspektasi telah berkurang dalam beberapa pekan terakhir seiring meningkatnya kasus virus corona, didorong oleh varian Omicron yang menghantam aktivitas ekonomi.

Kalender ekonomi juga menampilkan data bulan Desember untuk penghasilan dan belanja pribadi. Para ekonom memperkirakan pengeluaran pribadi turun tajam mempertimbangkan penurunan besar yang sudah terlihat dalam penjualan ritel bulan lalu.

Ada juga laporan mingguan klaim pengangguran awal yang melonjak ke level tertinggi tiga bulan minggu lalu.

Beberapa ekonom khawatir bahwa peningkatan klaim pengangguran bersama dengan penurunan tajam penjualan ritel Desember dapat menjadi indikasi bahwa ekonomi kehilangan momentum, tetapi ini tidak mungkin menghentikan The Fed untuk menaikkan suku bunga pada bulan Maret.

Data Zona Euro dan Inggris Raya

Ekonomi terbesar Zona Euro Jerman akan merilis data PDB kuartal IV pada hari Jumat, bersama dengan Prancis dan Spanyol. Angka tersebut akan menunjukkan dampak varian Omicron terhadap pemulihan ekonomi, menjelang data PDB untuk blok tersebut pada minggu berikutnya.

Zona Euro akan merilis data PMI pada hari Senin yang akan menunjukkan bagaimana aktivitas ekonomi berjalan bulan ini.

Inggris juga akan merilis data PMI pada hari Senin dan sementara aktivitas sektor jasa melambat pada bulan Desember di tengah lonjakan Omicron, data lain sejak saat itu mengindikasikan bahwa aktivitas ekonomi telah mulai pulih. Data diperkirakan akan menunjukkan sedikit peningkatan dari bulan Desember dan untuk saat ini Bank of England tampaknya masih berada di jalur untuk kenaikan suku bunga lagi di bulan Februari.

Fokus Minggu Ini


Senin
15.30: Jerman – PMI Manufaktur : terlihat mundur ke 57,0 dari 57,4.

16.30: Inggris - IMP Manufaktur : diperkirakan akan turun tipis ke 57,7 dari 57,9.

16.30: Inggris – IMP Jasa : diperkirakan naik tipis ke 53,9 dari 53,6.

Selasa
07.30: Australia – CPI : naik menjadi 1,0% dari 0,8%.

16.00: Jerman – Indeks Iklim Bisnis Ifo : kemungkinan akan tetap datar di 94,7.

22.00: AS – Keyakinan Konsumen CB : terlihat telah jatuh ke 111,8 dari 115,8.

Rabu
22.00: AS – Penjualan Rumah Baru : diprediksi naik menjadi 760 ribu dari 744 ribu.

22.00: Kanada – Laporan Kebijakan Moneter BoC , Keputusan Suku Bunga

22.30: AS – Persediaan Minyak Mentah : laporan minggu lalu menunjukkan kenaikan 0,515 juta barel.

Kamis
02.00: AS – Keputusan Suku Bunga Fed

02.30: AS – Konferensi Pers FOMC

19.30: AS – Pesanan Barang Tahan Lama Inti : diperkirakan turun menjadi 0,4% dari 0,8%.

20.30: AS – PDB : diperkirakan meningkat lebih dari dua kali lipat, menjadi 5,4% dari 2,3%.

22.00: AS – Penjualan Rumah Tertunda : diprediksi melonjak ke 0,3% dari -2,2%.

Jumat
16.00: Jerman – PDB : diperkirakan anjlok ke -0,2% dari 1,7%.

20.30: AS – Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti : diperkirakan tetap di angka 0.5%

 

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik