Forex Hari Ini, 24 Maret

24/03/2023, 15:47

Berikut adalah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 24 Maret:

Dolar AS tampaknya telah menemukan pijakan Kamis malam setelah pullback yang disaksikan dalam indeks utama Wall Street, Jumat pagi, Indeks Dolar AS tetap relatif tenang menjelang Pesanan Barang Tahan Lama Februari dan survei IMP Manufaktur dan Jasa pendahuluan S&P Global untuk bulan Maret. S&P Global juga akan merilis survei IMP untuk Jerman, Inggris, dan Zona Euro pada hari Jumat. Kalender ekonomi Kanada akan menampilkan Penjualan Ritel untuk bulan Januari.

Menyusul penurunan tajam yang disaksikan pada hari Rabu, imbal hasil obligasi Pemerintah AS 10-tahun berfluktuasi di bawah 3,5% pada hari Kamis dan menutup hari hampir tidak berubah. Jumat pagi, imbal hasil 10-tahun sedikit lebih rendah menuju 3,4%. Pesanan Barang Tahan Lama di AS diprakirakan naik 0,6% di Februari menyusul penurunan 4,5% di Januari.

Selama jam-jam perdagangan Asia, juru bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok mengatakan Tiongkok tidak berusaha merekayasa surplus perdagangan dengan AS. Sementara itu, Reuters melaporkan bahwa kantor Mintz Group di Beijing, sebuah perusahaan AS, digerebek oleh pihak berwenang dan lima staf Tiongkok ditahan. Namun demikian, indeks saham berjangka AS diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada hari ini.

Data dari Jepang menunjukkan Jumat pagi bahwa Indeks Harga Konsumen Nasional turun ke 3,3% pada basis tahunan di Februari dari 4,3% di Januari. Angkanya jauh lebih rendah dari ekspektasi pasar 4,1%. Namun, USD/JPY mengalami kesulitan mengumpulkan momentum bullish dan terakhir terlihat diperdagangkan di wilayah negatif di sekitar 130,50.

GBP/USD berfluktuasi di bawah 1,2300 di pagi Eropa. Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan pada hari Jumat bahwa Penjualan Ritel pada bulan Februari naik 1,2%, dibandingkan dengan ekspektasi pasar naik 0,2%, tetapi gagal memberikan dorongan untuk Pound Sterling. Pada hari Kamis, Bank of England (BOE) mengumumkan BoE menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 25 basis poin menjadi 4,25%.

Setelah mencapai level tertinggi sejak awal Februari di atas 1,0900 pada hari Kamis, EUR/USD berbalik arah dan akhirnya menutup hari merah di bawah 1,0850. Pasangan mata uang ini tetap relatif tenang di sekitar 1,0830 Jumat pagi. Survei IMP dari kawasan Euro diprakirakan menunjukkan sedikit ekspansi dalam aktivitas bisnis sektor swasta pada awal Maret.

AUD/USD bergerak naik dan turun dalam saluran ketat di bawah 0,6700 pada hari Jumat. Data dari Australia mengungkapkan bahwa IMP Komposit S&P Global turun ke 48,1% di awal Maret dari 50,6 di Februari.

Untuk kedua kalinya minggu ini pada hari Kamis, harga Emas naik di atas $2.000. XAU/USD tampaknya telah memasuki fase konsolidasi pada hari Jumat dan terakhir terlihat diperdagangkan sedikit lebih rendah pada hari ini di sekitar $1.890.

Bitcoin naik hampir 4% pada hari Kamis dan menghapus semua kenaikan Rabu. BTC/USD terakhir terlihat bergerak sideways dekat $28.300. Ethereum naik 4,5% pada hari Kamis dan memperoleh kembali $1.800 sebelum stabil sedikit di atas level tersebut pada Jumat pagi.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman