Minyak Naik Karena Vaksin

24/08/2021, 11:30

Harga minyak naik pada hari Selasa setelah regulator obat AS memberikan persetujuan penuh kepada vaksin COVID-19 Pfizer Inc/BioNTech SE, memicu harapan investor bahwa permintaan bahan bakar yang lebih tinggi akan mengikuti potensi peningkatan di AS. tingkat vaksinasi virus corona.

Minyak mentah berjangka Brent naik 66 sen, atau 0,9%, menjadi $69,41 per barel pada 0201 GMT, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS meningkat 60 sen, atau 0,9%, menjadi $66,24 per barel.

Kedua benchmark melonjak lebih dari 5% pada hari Senin, dibantu oleh dolar AS yang lebih lemah, setelah menandai minggu kerugian terbesar mereka dalam lebih dari sembilan bulan minggu lalu.

Food and Drug AdministrationFDA AS, yang Desember lalu mengesahkan vaksin dua dosis Pfizer/BioNtech untuk penggunaan darurat, kini telah mengeluarkan persetujuan penuh untuk digunakan pada orang berusia 16 tahun ke atas.

Pejabat kesehatan berharap tindakan itu akan meyakinkan orang Amerika yang tidak divaksinasi bahwa suntikan itu aman dan efektif, dan berharap itu juga dapat mendorong lebih banyak pemerintah negara bagian dan lokal, serta pengusaha swasta, untuk memberlakukan mandat vaksin.

"Keraguan vaksin di beberapa minoritas mungkin berakhir sekarang karena FDA telah memberikan sinyal yang jelas," kata analis. 

"Dengan banyak perusahaan dan lembaga pemerintah yang cenderung menegakkan mandat vaksin, perjalanan kembali ke kantor akan meningkat secara dramatis di musim gugur."  

Juga mendorong harga, persediaan minyak mentah dan bensin AS kemungkinan turun minggu lalu, sementara stok sulingan diperkirakan meningkat, jajak pendapat awal Reuters menjelang data industri menunjukkan pada hari Senin.

Keluaran minyak mentah penyuling India pada bulan Juli melambung ke level tertinggi dalam tiga bulan karena permintaan bahan bakar rebound, yang mendukung harga.

Kenaikan harga dibatasi setelah Departemen Energi AS mengatakan Senin akan menjual hingga 20 juta barel minyak mentah dari cadangan minyak darurat untuk mematuhi undang-undang yang disahkan dalam beberapa tahun terakhir, dengan pengiriman minyak berlangsung antara 1 Oktober dan 15  Desember.

 

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading