Analisa GBPUSD 24 Agustus

24/08/2021, 14:00

GBP/USD naik dari harga rendahnya, dan diperdagangkan berhasil menembus di atas 1.37 sampai dengan 1.37400 pada Selasa siang, ditopang oleh membaiknya sentimen pasar. Investor memperkirakan the Fed akan menahan diri untuk menarik dukungan terhadap ekonomi. Meningkatnya kasus covid di Inggris agak membebani Sterling. PMI jasa pendahuluan dari Markit sangat mengecewakan dengan muncul di 55.

emasuki minggu yang baru, ada sentimen yang benar-benar berbeda. Pasar bersemangat dengan prospek bahwa Federal Reserve akan menunda melakukan “tapering” dari skema pembelian obligasi, berkebalikan dengan suramnya sentimen minggu lalu. Namun, alasan berspekulasi bahwa the Fed akan menahan diri dari memperlambat pencetakan uang bukanlah sesuatu yang positip yaitu cepatnya penyebaran varian covid Delta.

Permintaan akan assets safe-haven termasuk dollar AS mereda, sementara harga saham mengalami kenaikan, dengan memburuknya situasi di AS karena penyebaran varian Delta bisa memaksa the Fed tetap tidak mengubah kebijakan moneter yang ultra longgar.

Namun kejatuhan dollar AS kelihatannya kemungkinan tidak akan berlanjut terus, terutama tidak terhadap Poundsterling. Pergerakan naik sekarang kemungkinan hanya sementara dan tidak cukup untuk mengangkat GBP/USD kembali ke ketinggian sebelum kejatuhan.

Alasan the Fed menahan diri dari mengurangi dukungan ekonomi datang dari merebaknya kembali virus corona, yang berarti lebih lemahnya aktifitas ekonomi di AS. Hal ini bisa membawa arus safe-haven ke dollar AS. Terlebih lagi, kasus naiknya kembali covid 19  di Inggris bisa membawa Sterling turun.

“Support” terdekat menunggu di 1.3700 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3650 dan kemudian 1.3570.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.3725 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3760 dan kemudian 1.3785.

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading