Aktivitas Pabrik Jepang Tumbuh

24/11/2021, 12:10

Aktivitas pabrik Jepang tumbuh pada laju tercepat dalam hampir empat tahun pada November, karena output dipercepat karena pelonggaran pembatasan COVID-19, menentang tekanan dari lonjakan harga input terbesar dalam 13 tahun.

Aktivitas di sektor jasa juga meningkat, berkembang dengan laju tercepat dalam lebih dari dua tahun karena kondisi ekonomi stabil setelah penurunan tajam dalam kasus COVID-19 dan kematian berkat melonjaknya vaksinasi.

Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur au Jibun Bank Flash Japan naik menjadi 54,2 yang disesuaikan secara musiman, laju ekspansi tercepat sejak Januari 2018.

Angka tersebut, yang terangkat oleh kenaikan dalam output keseluruhan dan pesanan baru, dibandingkan dengan 53,2 akhir di bulan sebelumnya.

"Aktivitas di bisnis sektor swasta Jepang naik untuk bulan kedua berturut-turut pada November," kata analis.

Optimisme produsen untuk tahun depan sedikit berkurang dari bulan sebelumnya, menurut survei, yang juga menunjukkan perusahaan di seluruh sektor menghadapi tekanan harga yang melonjak.

"Harga input di seluruh sektor swasta naik pada laju tercepat selama lebih dari 13 tahun dengan bisnis menghubungkan kenaikan bahan baku yang lebih tinggi, biaya pengiriman dan staf di tengah kekurangan dan kinerja pemasok yang memburuk," kata analis.

Indeks IMP Layanan Flash au Jibun Bank meningkat ke penyesuaian musiman 52,1 dari final bulan sebelumnya di 50,7, menempatkannya lebih kuat ke wilayah ekspansi.

Angka tersebut menandai laju pertumbuhan tercepat sejak September 2019, tepat sebelum kenaikan pajak penjualan menghantam kepercayaan konsumen.

Au Jibun Bank Flash Japan Composite PMI, yang dihitung dengan menggunakan manufaktur dan jasa, naik menjadi 52,5 dari final Oktober di 50,7.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik