Bantuan

Preview Jelang Rilis Kebijakan BOC

25/01/2023, 14:20

Setahun yang lalu, Bank of Canada (BOC) memimpin dalam memulai siklus pengetatan di antara bank sentral global utama, dan pada tahun 2023, Dewan Komisaris juga kemungkinan akan menjadi yang terdepan dalam menghentikan kenaikan suku bunga.

Ekonom mengharapkan bank sentral Kanada untuk memberikan kenaikan 25 basis poin (bps) ketika menyimpulkan pertemuan kebijakan moneter Januari pada pukul 15:00 GMT Rabu ini, mengangkat tingkat kebijakan dari 4,25% menjadi 4,5% dalam putaran terakhir pengetatan. .

Pada bulan Desember, bank sentral menaikkan suku bunga dengan kenaikan suku bunga 50 bps menjadi 4,25%, mencatat laju kenaikan suku bunga tercepat sejak penargetan inflasi dimulai pada 1990-an. Namun, bahasa dalam Laporan Kebijakan Moneter (MPR) jelas menyimpang dari nada hawkish. Bank of Canada mengatakan, "akan mempertimbangkan" apakah suku bunga harus lebih tinggi atau tidak untuk mengembalikan penawaran dan permintaan ke keseimbangan dan mengembalikan inflasi ke target.

Laporan Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan Desember dari Kanada menunjukkan bahwa tingkat inflasi tahunan negara tersebut turun sebesar 6,3% dari tahun sebelumnya, menyusul kenaikan sebesar 6,8% di bulan November. Rata-rata langkah-langkah pilihan Bank of Canada untuk mendasari inflasi inti pada bulan Desember adalah 5,6%, turun dari 5,8% pada bulan sebelumnya. Perlu disebutkan bahwa inflasi Kanada memuncak pada bulan Juni.

Awal bulan ini, Statistics Canada menunjukkan dalam laporan pasar tenaga kerjanya bahwa ekonomi menambahkan 104.000 pekerjaan pada bulan Desember sementara Tingkat Pengangguran turun menjadi 5,0% vs 5,1% yang terlihat pada bulan November. Upah per jam rata-rata tumbuh sebesar 5,1% per tahun, menandai pertumbuhan upah selama tujuh bulan berturut-turut tetapi masih gagal mengimbangi inflasi. Ini berarti pasar tenaga kerja Kanada yang ketat belum mampu mendorong upah lebih tinggi, pada gilirannya berdampak negatif terhadap permintaan konsumen.

Oleh karena itu, jeda dalam jalur kenaikan suku bunga Dewan Komisaris dapat mendukung perekonomian, terutama setelah Survei Prospek Bisnis yang dirilis oleh bank sentral menunjukkan minggu lalu, “lebih dari 70% konsumen Kanada dan dua pertiga perusahaan bisnis berpikir resesi mungkin terjadi. dalam 12 bulan ke depan.”

Tapi, apakah akan terlalu dini untuk melakukannya? Inflasi masih tetap tinggi di atas target bank sentral sebesar 2,0%. Sehubungan dengan hal ini, Laporan Kebijakan Moneter Bank Kanada, disertai dengan keputusan suku bunga , akan memegang kunci, karena akan memberikan prakiraan ekonomi baru. Itu dikombinasikan dengan konferensi pers Gubernur Tiff Macklem pada pukul 16:00 GMT juga akan diteliti dengan cermat untuk arah kebijakan bank di masa depan.

Macklem memperingatkan pada bulan Desember bahwa "jika inflasi bertahan, suku bunga yang jauh lebih tinggi akan diperlukan untuk memulihkan stabilitas harga", menambahkan bahwa "risiko yang lebih besar" tidak cukup menaikkan suku bunga daripada melakukan terlalu banyak.

Perhatikan bahwa Bank of Canada memiliki kecenderungan untuk mengejutkan pasar, dan oleh karena itu, investor akan memperdagangkan pasangan USD/CAD dengan hati-hati sementara reaksi spontan terhadap pengumuman kebijakan dapat segera dibalik dengan kata-kata Macklem.

Pertukaran yang mempertaruhkan langkah kebijakan bank di masa depan menyiratkan bahwa pasar memperkirakan satu lagi kenaikan suku bunga kecil sebesar 25 bps di tahun baru sebelum bank mengubah arah dan harus menurunkan suku bunganya setidaknya sekali pada tahun 2023.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik