Bantuan

Forex Hari Ini, 25 Januari

25/01/2023, 15:55

Berikut adalah yang perlu Anda ketahui pada hari Rabu, 25 Januari:

Pasar tetap bimbang di pertengahan minggu karena investor mencari katalis signifikan berikutnya. Indeks Dolar AS tetap di dekat 102,00 setelah upaya pemulihan yang gagal pada hari Selasa dan imbal hasil obligasi Pemerintah AS 10-tahun tetap sedikit di bawah 3,5%. Sementara itu, indeks saham berjangka AS diperdagangkan di wilayah negatif, mengarah ke sentimen pasar hati-hati di pagi Eropa. Survei-survei sentimen IFO dari Jerman akan ditampilkan dalam kalender ekonomi Eropa. Nantinya, Bank of Canada (BoC) akan mengumumkan keputusan kebijakannya.

Pada hari Selasa, survei IMP S&P Global dari AS menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi di sektor swasta terus turun di awal Januari dengan IMP Komposit di 46,6. Dalam siaran pers, "tingkat inflasi biaya input telah naik memasuki tahun baru, sebagian terkait dengan tekanan kenaikan upah, yang dapat mendorong pengetatan kebijakan The Fed lebih lanjut meskipun risiko resesi meningkat," kata Chris Williamson, Kepala Ekonom Bisnis di S&P Global Market Intelligence. Komentar ini membantu Dolar AS mengungguli para pesaingnya tetapi pemulihan yang disaksikan di indeks utama Wall Street membuat mata uang tersebut sulit untuk mempertahankan kekuatannya.

Selama jam-jam perdagangan Asia pada hari Rabu, data dari Australia menunjukkan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) naik ke 7,8% pada basis tahunan di kuartal keempat dari 7,3%. Karena angkanya lebih baik dari ekspektasi pasar 7,5%, pelaku pasar mempertimbangkan kembali peluang Reserve Bank of Australia (RBA). Pada gilirannya, AUD/USD mendapatkan traksi dan terakhir terlihat diperdagangkan di level tertinggi sejak pertengahan Agustus di 0,7110, naik hampir 1% pada basis harian.

Statistik Selandia Baru melaporkan pada hari Rabu bahwa IHK tahunan pada kuartal keempat tetap stabil di 7,2%. Perdana Menteri (PM) baru Selandia Baru Chris Hipkins mengatakan inflasi membebani anggaran rumah tangga dan menambahkan bahwa lebih banyak yang harus dilakukan untuk memerangi inflasi yang tinggi. Tidak seperti AUD/USD, NZD/USD gagal mengumpulkan momentum bullish setelah data inflasi dan terakhir terlihat membukukan penurunan kecil harian sedikit di bawah 0,6500.

USD/CAD menutup hari perdagangan keempat berturut-turut di wilayah negatif pada hari Selasa dan terus mendorong lebih rendah menuju 1,3350 Rabu pagi. BoC diprakirakan akan menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 25 basis poin menjadi 4,5%.

USD/JPY terus diperdagangkan dalam kisaran yang relatif ketat di atas 130,00 saat pelaku pasar mencoba mencari tahu bagaimana kebijakan moneter Bank of Japan (BoJ) akan dibentuk ketika gubernur baru mengambil alih. Eiji Maeda, mantan Direktur Eksekutif BoJ yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter selama pandemi, mengatakan kepada Bloomberg bahwa kemungkinan besar BoJ akan mengambil tindakan dalam enam bulan pertama jabatan gubernur baru.

EUR/USD berhasil mendapatkan kembali daya tariknya setelah turun menuju 1,0830 saat reaksi awal terhadap data IMP AS pada hari Selasa. Pasangan mata uang ini terakhir terlihat diperdagangkan di wilayah positif beberapa pip di atas 1,0900.

GBP/USD menutup hari kedua berturut-turut di wilayah negatif pada hari Selasa tetapi tidak kesulitan bertahan di atas 1,2300. Namun demikian, pasangan mata uang ini mengalami kesulitan menghapus penurunannya pada Rabu pagi karena pasar terus memantau perkembangan politik di Inggris.

Setelah menghabiskan paruh pertama hari berfluktuasi di saluran sempit, harga Emas turun tajam di awal sesi Amerika sebelum berbalik arah. Dengan imbal hasil obligasi Pemerintah AS 10-tahun turun di bawah 3,5% Selasa malam, XAU/USD mencatat penutupan harian tertinggi sejak April. Rabu pagi, pasangan ini tetap dalam fase konsolidasi sedikit di atas $1.930.

Bitcoin turun lebih dari 1% pada hari Selasa tetapi tidak kesulitan menemukan support. Pada saat berita ini dimuat, BTC/USD membukukan kenaikan kecil harian di sekitar $22.700. Ethereum melanjutkan koreksi ke bawah dan menghapus lebih dari 4% pada hari Selasa sebelum stabil sedikit di atas $1.500 pada Rabu pagi.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik