Bantuan

Fokus Minggu Ini, 25 - 29 Juli

25/07/2022, 10:25

Bank Sentral dan laporan keuangan akan terus mendominasi dalam minggu ini. Setelah European Central Bank (ECB) mengumumkan kenaikan suku bunga 50 basis poin dan pasar naik merespons laporan pendapatan yang tidak seburuk yang ditakuti sepanjang minggu, Snap merilis pendapatan yang kurang cerah serta Twitter goyah dan produsen hard-disk Seagate mengawali reli minggu lalu, dengan indeks utama dan aset berisiko mengakhiri minggu dengan catatan penurunan.

Minggu ini Federal Reserve menjadi pusat perhatian dalam ekspektasi untuk kenaikan suku bunga besar lainnya yang akan datang, sementara perusahaan terbesar di dunia dan sebagian besar perusahaan S&P 500 keseluruhan merilis kinerjanya. Data ekonomi dan perkembangan lanjutan dari Ukraina juga akan menandai minggu ini.

Inilah hal yang perlu Anda ketahui di pasar dalam sepekan:

1. Rapat Federal Reserve

Laporan inflasi tetap tinggi, dan itu membuat hampir semua ramalan pasar memperkirakan setidaknya kenaikan suku bunga sebesar 75 basis poin dari Federal Reserve. Kenaikan 100 basis poin sempat dibahas, dan harga Fed Funds di masa mendatang menunjukkan peluang ~20% hal itu masih terjadi, tetapi laporan menunjukkan bahwa Fed tidak akan bertindak cukup jauh.

Pernyataan FOMC dan konferensi pers Ketua Fed Powell dalam beberapa hal akan lebih berdampak ke pasar, saat pasar mencoba mengukur kemungkinan resesi dan seberapa besar komitmen The Fed untuk menjinakkan inflasi jika resesi itu muncul. Dengan adanya potensi penurunan suku bunga datang tahun depan, frasa 'memulihkan keadaan' akan muncul beberapa kali minggu ini.

2. Laba Perusahaan Teknologi Besar

Perusahaan terbesar di dunia melaporkan pendapatan minggu ini, dan banyak dari mereka berasal dari sektor teknologi yang baru-baru ini terpukul.

Semua dimulai hari Selasa, Microsoft dan Alphabet melaporkannya setelah bel perdagangan. Alphabet utamanya diwaspadai setelah guncangan awal dari ruang iklan digital yang dipicu oleh Snap dan Twitter, serta mengingat perusahaan tidak memberikan proyeksinya. Apakah penurunan 25% tahun ini bisa berarti berita buruk yang diperhitungkan masihlah harus dilihat.

Facebook induk Meta Platform melaporkan hasil keuangan pada hari Rabu setelah jam pasar dan telah terbuka tentang rencana investasi besar untuk tahun ini dan tantangan yang dihadapinya dari Tik Tok serta perbandingannya kinerja terkait pandemi, yang telah membuat saham turun 50% tahun ini sebagai dampaknya. Apakah mereka melihat ada perubahan apa pun dan apakah mereka masih berkomitmen pada investasi metaverse akan menjadi faktor besar dalam laporan ini.

Amazon.com melaporkan kinerja pada hari Kamis setelah jam kerja dan, seperti Facebook, juga membagikan sedikit berita buruknya. Sementara pendapatan bersih GAAP mungkin dipengaruhi oleh saham Amazon di Rivian Automotive Inc, momentum pendapatan dan bagaimana raksasa ritel dan cloud itu menangani inflasi biaya akan menjadi fokus utama. Setiap pembacaan tentang bagaimana acara Prime Day baru-baru ini menyumbang perusahaan untuk kuartal III dan paruh kedua tahun ini juga akan penting bagi investor.

Terakhir tetapi kebalikannya, Apple juga melaporkan pada hari Kamis setelah jam kerja. Juara dalam valuasi perusahaan ini di antara rekan-rekan teknologi mega-capnya, Apple juga mengungguli kelompok ini pada tahun 2022, turun hanya 13,2% tahun ini, bahkan di depan S&P 500. Ketika hambatan terkait dari pandemi dan inflasi meningkat membuat peningkatan ke iPhone terbaru adalah tugas yang tidak sepele, dapatkah kekuatan relatif Apple bertahan?

3. Pendapatan Perusahaan S&P 500

Banyak raksasa industri lainnya juga siap untuk merilis pendapatan minggu ini. Di antara yang utama yaitu:

  • Senin setelah jam kerja – NXP, Whirlpool Corporation, F5 Networks.
  • Pra-pasar Selasa - Coca-Cola, McDonald's, United Parcel Service, Raytheon, General Electric, General Motors.
  • Selasa setelah jam kerja – Visa, Chipotle, Stryker, Mondelez, Texas Instruments.
  • Pra-pasar Rabu – T-Mobile US, Bristol-Myers Squibb, Boeing, ADP, Humana.
  • Rabu setelah jam kerja – Ford, Qualcomm, ServiceNow, Equinix, O'Reilly Automotive Inc.
  • Pra-pasar Kamis – Mastercard, Honeywell, Pfizer, Merck & Co, Comcast, Altria.
  • Kamis setelah jam kerja – Intel, Edwards Lifesciences, KLA-Tencor, DexCom Inc.
  • Pra-pasar Jumat – Exxon Mobil, Procter & Gamble, Chevron, AbbVie, AstraZeneca, Charter Communications.

Potensi resesi dan inflasi yang dihadapi The Fed juga akan menimbulkan risiko terhadap pendapatan perusahaan, dan pertanyaan yang akan ditanyakan lagi dan lagi adalah apakah perusahaan mampu mempertahankan visibilitas dan pertumbuhan di tengah semua ini, atau apakah sekarang saatnya untuk menurunkan harapan yang diberikan skeptisisme investor keseluruhan.

4. Angka PDB dan IHK

Sejumlah angka IHK dan PDB keluar menjelang akhir minggu. Meskipun sebagian besar dari ini akan melihat ke belakang, namun ini mungkin masih memberikan petunjuk tentang apa yang akan terjadi pada ekonomi dan perilaku bank sentral.

PDB AS diperkirakan positif, yang akan mencegah definisi teknikal dari resesi, yaitu pertumbuhan PDB riil negatif selama dua kuartal berturut-turut. Harga PCE inti AS diperkirakan akan naik ke tingkat pertumbuhan 0,5% bulan ke bulan, dari 0,3% bulan lalu.

IHK Zona Euro diperkirakan menunjukkan pembacaan sebesar 8,7% untuk bulan Juli, sementara IHK tidak termasuk Energi dan Makanan diperkirakan mencapai 4,7%. Pertumbuhan PDB diperkirakan sebesar 0,6% kuartal ke kuartal.

Di tengah musim panas saat permintaan dan harga tinggi, bank sentral dan investor di AS, Eropa, dan global akan mengamati untuk melihat apakah ekonomi dapat mengatasi tantangan inflasi tanpa terlalu membebani ekonomi, keseimbangan yang rumit untuk dikelola.

5. Perkembangan Ukraina/Rusia

Perang Rusia dengan Ukraina terus berlanjut meskipun ada kesepakatan minggu lalu untuk mengizinkan Ukraina mengirim biji-bijian keluar dari Pelabuhan Odesa, ketika rudal Rusia menghantam pelabuhan pada hari Sabtu. Rusia membantah terlibat dalam serangan itu, dan Ukraina terus bersiap untuk mengirimkan biji-bijian, yang dianggap sebagai potensi bantuan besar bagi situasi kekurangan pangan global.

Dampak pada pasar komoditas global, baik itu biji-bijian atau minyak, adalah fokus besar bagi investor baik Ukraina dan Rusia, tetapi ada juga harapan bahwa kesepakatan yang dinegosiasikan Turki mengenai pengiriman biji-bijian mungkin menjadi langkah pertama menuju kesepakatan yang lebih besar. Pelaksanaan kesepakatan ini, serta perkembangan lanjutan dalam perang minggu ini saat memasuki bulan ke-7, akan membantu menjawab apakah skeptisisme seharusnya bisa terus hadir.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik