Analisa EURUSD 25 Agustus

25/08/2021, 14:10

EUR/USD diperdagangkan naik ke arah 1.1750, di sekitar 1.1744 di tengah sentimen pasar yang bagus. Dolar AS bersama dengan yields treasury mengkonsolidasikan kejatuhan yang terberar dalam dua bulan. Pasar menyambut optimisme vaksin dan berkurangnya “taper tantrum” di tengah kecemasan covid dan ketakutan akan ketegangan geopolitik.

Apakah kenaikan EUR/USD hanya bersifat sementara? Kelihatannya tidak. Setelah kenaikan yang cukup signifikan sebanyak 90 pips, perjalanan naik EUR/USD kelihatannya seperti terjadi perubahan arah daripada hanya suatu koreksi sebentar. Pergerakan saat ini kebanyakan disebabkan melemahnya dollar AS, namun euro juga memiliki alasan untuk naik.

Dollar AS yang safe-haven berada di bawah tekanan jual setelah FDA AS memberikan persetujuan penuh terhadap vaksin covid – 19 dari Pfizer/BioNTech. Selain berpotensi membantu meyakinkan orang Amerika yang sedang ragu-ragu untuk mendapatkan suntikan vaksin, juga memfasilitasi mandat vaksin bagi institusi dan perusahaan-perusahaan.

Sementara itu, euro mendapatkan keuntungan dari diupgradenya angka pertumbuhan Jerman untuk kuartal kedua. Ekonomi Jerman berkembang 1.6% menurut data terupdate dibandingkand dengan awalnya sebesar 1.5%.

Terlebih lagi, Eropa berhasil menangani virus corona lebih baik daripada AS, tidak hanya lebih banyak vaksinasi terhadap populasinya namun juga lebih sedikit kasus yang terjadi. Sementara infeksi di AS terus naik, mengatasi infeksi di zona euro. Kekuatiran akan meningkatnya covid – 19 di Jerman mereda.

Secara keseluruhan fundamental menunjukkan potensi naik.

“Support” terdekat menunggu di 1.1720 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1690 dan kemudian 1.1660. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1780 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1805 dan kemudian 1.1825.

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading