Minyak Naik Di Senin Pagi

25/10/2021, 11:00

Harga minyak naik pada hari Senin, memperpanjang kenaikan pra-akhir pekan, dengan minyak mentah AS mencapai level tertinggi tujuh tahun karena pasokan global tetap ketat di tengah permintaan yang kuat di seluruh dunia karena ekonomi pulih dari kemerosotan yang disebabkan oleh pandemi virus corona.

Minyak mentah berjangka Brent naik 0.99%, menjadi $85,48 per barel pada pukul 09.57 WIB, menyusul kenaikan 1,1% Jumat lalu. Kontrak tersebut mendekati level tertinggi tiga tahun di $86,10, yang dicapai Kamis lalu.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 1.15%, menjadi $84,72 per barel, setelah naik 1,5% pada hari Jumat. Ini menyentuh level tertinggi sejak Oktober 2014 - $84,28 - di awal sesi hari Senin.

"Sentimen bullish terus mendukung harga minyak karena pasokan global tetap ketat pada saat permintaan pulih dari pandemi," kata analis.

"Tetapi keuntungan langsung untuk kontrak jangka terdekat WTI mungkin terbatas mengingat kemunduran yang semakin tajam," kata analis.

Kontrak berjangka WTI saat ini mengalami kemunduran yang tajam, yang berarti perdagangan kontrak di kemudian hari berada pada harga yang lebih rendah dari kontrak saat ini. Biasanya bulan-bulan berikutnya diperdagangkan dengan harga yang lebih tinggi, yang mencerminkan biaya penyimpanan minyak.

Harga minyak juga telah didukung oleh kekhawatiran tentang kekurangan batu bara dan gas di China, India dan Eropa, yang mendorong peralihan bahan bakar ke solar dan bahan bakar minyak untuk pembangkit listrik.

Mencerminkan sentimen pasar yang kuat, pengelola uang menaikkan posisi net long minyak mentah berjangka AS dan posisi opsi dalam pekan hingga 19 Oktober, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) mengatakan pada hari Jumat.

Selama akhir pekan, putra mahkota Arab Saudi mengatakan bahwa pengekspor minyak utama dunia bertujuan untuk mencapai 'nol bersih' emisi gas rumah kaca, sebagian besar dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, pada tahun 2060 - 10 tahun lebih lambat dari Amerika Serikat.

Sementara itu perusahaan energi AS pekan lalu memangkas rig minyak dan gas alam untuk pertama kalinya dalam tujuh minggu bahkan ketika harga minyak naik, perusahaan jasa energi Baker Hughes Co mengatakan dalam laporannya yang diikuti dengan cermat pada hari Jumat.

 

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik