Fokus Minggu Ini, 26 - 30 Juli

26/07/2021, 10:15

Pasar berayun liar minggu lalu karena kekhawatiran atas varian delta covid yang menonjol kemudian memudar. Hal ini pada awalnya menyebabkan penurunan tajam dalam selera risiko yang mengarahkan saham turun tajam. The Dow Jones, Nasdaq, dan S&P 500 turun antara -1,5% dan -2,7% pada titik-titik yang rendah, tetapi karena sentimen pulih di tengah berlaku 'buy-the-dip' mentalitas, ini indeks saham utama akhirnya menyelesaikan minggu pada rekor tertinggi lagi.

Obligasi berperilaku serupa dengan kekhawatiran pertumbuhan ekonomi yang pada awalnya mengirimkan imbal hasil Treasury pada penurunan tajam yang berbalik seiring dengan kemajuan perdagangan. Demikian juga, harga minyak mentah turun sebanyak -8,7% minggu lalu hanya untuk menghapus kerugian tersebut dan berakhir 0,7% lebih tinggi secara seimbang. Ini gelombang volatilitas singkat memicu lonjakan besar dalam Indeks Indeks dan OVX VIX untuk memukul sembilan minggu dan 13 bulan tertinggi, masing-masing. The VIX Index dan OVX Indeks ditutup melemah pada minggu tetap sebagai kecemasan pasar mereda.

Meskipun, MOVE Index, yang merupakan pembacaan volatilitas tersirat 30 hari yang berasal dari opsi pada obligasi Treasury, menyelesaikan minggu ini di level tertinggi sejak Maret. Untuk itu, dengan volatilitas pasar obligasi yang diperkirakan akan tetap tinggi, ada potensi untuk kelas aset lain seperti saham, komoditas, dan mata uang untuk terus mengalami putaran kekerasan di samping imbal hasil. Ini tampaknya cukup masuk akal – terutama ketika mempertimbangkan sejumlah besar peristiwa berisiko tinggi dan rilis data yang dijadwalkan pada kalender ekonomi untuk minggu depan.

Pertemuan Federal Reserve di dek bisa dibilang menonjol sebagai katalis terbesar untuk volatilitas karena potensi pergerakan pasarnya yang sering. Sementara pengumuman Fed yang dijadwalkan Rabu, 28 Juli pukul 18:00 GMT secara luas diperkirakan akan membiarkan kebijakan moneter tidak berubah, ada risiko yang berkembang bahwa bank sentral mengubah bahasa untuk pernyataan persnya. Dengan demikian, pedagang kemungkinan akan memperhatikan panduan tentang tujuan kemajuan substansial FOMC lebih lanjut dan potensi penyesuaian yang akan datang terhadap laju pembelian aset.

Ini membawa aksi harga Dolar AS menjadi fokus sebagai barometer untuk mengukur pembacaan pasar yang relatif hawkish atau dovish di The Fed. Penguatan Dolar AS di seluruh pasangan mata uang utama minggu depan mungkin mengindikasikan bahwa Fed menanggapi inflasi dan mengurangi pembicaraan dengan serius. Di sisi lain, melemahnya Dolar AS pasca-Fed dapat mengindikasikan bahwa bank sentral berpegang teguh pada narasi inflasi sementara dan tetap akomodatif dengan hati-hati. Skenario terakhir kemungkinan akan sesuai dengan dorongan positif untuk aset berisiko dan logam mulia seperti emas dan perak .

Pedagang akan mengawasi data inflasi terbaru dari AS, Zona Euro, Kanada, dan Australia pada minggu depan juga. Laporan kemajuan pemulihan ekonomi di seluruh AS dan kawasan Euro juga akan dilengkapi dengan data PDB Q2 lanjutan yang dijadwalkan untuk dirilis. Euro, selain DAX 30 , CAC 40 , dan STOXX 50, semuanya siap untuk mencerna informasi baru ini melalui lensa bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kebijakan ECB mengingat tinjauan strategi terbaru dan perspektif baru tentang inflasi. Terakhir namun pasti tidak kalah pentingnya, investor ekuitas AS akan dibombardir dengan hasil kuartalan saat musim pendapatan dimulai. Apa lagi yang tersedia untuk pasar di minggu ini?

 

Fokus minggu ini:

Senin

15.00: Jerman – Indeks Iklim Bisnis Ifo : diperkirakan akan naik ke 102,3 dari 101,8.

21.00: AS – Penjualan Rumah Baru : terlihat naik menjadi 800 ribu dari 769 ribu.

 

Selasa

19.30: AS – Pesanan Barang Tahan Lama Inti : diperkirakan akan tumbuh menjadi 0,8% dari 0,3%.

21.00: AS – Keyakinan Konsumen CB : diperkirakan turun ke 124,1 dari 127,3.

 

Rabu

08.30: Australia – CPI : mungkin naik tipis menjadi 0,7% dari 0,6% QoQ dan melonjak menjadi 3,8% dari 1,1% YoY.

19.30: Kanada – IHK Inti : kemungkinan akan tetap datar di 0,4%.

21.30: AS – Persediaan Minyak Mentah : pembacaan sebelumnya menunjukkan peningkatan 2.108 juta Bbl.

 

Kamis

01.00: AS – Keputusan Suku Bunga Fed , Pernyataan FOMC : bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada 0,25%.

14.55: Jerman – Perubahan Pengangguran : diprediksi naik ke -25K dari -38K.

19.30: AS – PDB : diperkirakan akan melonjak menjadi 8,6% dari 6,4% QoQ.

19.30: AS – Klaim Pengangguran Awal : hasil minggu lalu mengecewakan, masuk di 419 ribu.

21.00: AS – Penjualan Rumah Tertunda : terlihat turun menjadi 0,5% dari 8,0%.

 

Jumat

15.00: Jerman – PDB : diprediksi melonjak menjadi 2,1% dari -1,8%.

16.00: Zona Euro – CPI : diperkirakan akan naik tipis ke 2,0% dari 1,9%.

19.30: Kanada – PDB : kemungkinan akan tetap datar di -0,3% MoM.

 

Sabtu

08.00: China – PMI Manufaktur : diperkirakan akan turun lebih rendah ke 50,8 dari 50,9.

 

 

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading