Bantuan

Forex Hari Ini, 27 Januari

27/01/2022, 16:00

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Kamis, 27 Januari:

Pernyataan hawkish Ketua FOMC Jerome Powell Rabu malam memicu reli dolar dan sangat membebani indeks ekuitas global utama. Indeks Dolar AS ( DXY) terus mendorong lebih tinggi pada Kamis pagi dan pasar tetap menghindari risiko menjelang rilis data utama.

Biro Analisis Ekonomi AS akan mempublikasikan perkiraan pertama pertumbuhan Produk Domestik Bruto kuartal keempat, Biro Sensus AS akan merilis angka Pesanan Barang Tahan Lama. Klaim Pengangguran Awal Mingguan dan Data Penjualan Rumah Tertunda juga akan ditampilkan dalam kalender ekonomi AS .

The Fed membiarkan pengaturan kebijakannya tidak berubah setelah pertemuan kebijakan Januari seperti yang diharapkan. Saat menanggapi pertanyaan dari pers, Ketua FOMC Jerome Powell mencatat bahwa ada "cukup banyak ruang" untuk menaikkan suku bunga tanpa merugikan pasar tenaga kerja.

Powell lebih lanjut menambahkan bahwa inflasi semakin memburuk sejak pertemuan Desember dan menegaskan kembali bahwa komite mendukung kenaikan suku bunga kebijakan pada bulan Maret "dengan asumsi bahwa kondisinya sesuai untuk melakukannya."

Mencerminkan dampak positif dari komentar Powell pada prospek kebijakan pada kinerja dolar terhadap saingan utamanya, DXY naik lebih dari 0,5% pada hari Rabu. Pada saat penulisan, DXY berada di level tertinggi sejak pertengahan Desember di 96,68, naik 0,2% hari ini. Sementara itu, benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun, yang menutup lima hari perdagangan sebelumnya di wilayah negatif, melonjak lebih dari 5% pada hari Rabu dan sekarang berada dalam jarak menyentuh 1,9%.

Setelah naik lebih dari 1% selama paruh pertama sesi, Indeks S&P 500 berakhir ditutup di zona merah pada hari Rabu. Indeks saham berjangka AS turun antara 1,1% dan 1,6% di awal sesi Eropa, menunjukkan bahwa aksi jual Wall Street kemungkinan akan berlanjut setelah bel pembukaan.

EUR/USD mengalami penurunan besar pada hari Rabu dan terus melemah menuju 1,1200 Kamis pagi. Tidak akan ada rilis data tingkat tinggi dari kawasan euro dan penilaian pasar dolar kemungkinan akan terus mendorong aksi pasangan ini.

GBP/USD diperdagangkan pada level terendah sejak awal tahun dan terlihat menguji 1,3400.

USD/CAD melonjak di atas 1,2600 di awal sesi NA pada hari Rabu setelah Bank of Canada (BOC) mempertahankan suku bunga kebijakannya tidak berubah. Meskipun pasangan menghapus kenaikannya selama Gubernur BoC Tiff Macklem, yang mengatakan bahwa mereka harus menaikkan suku untuk melawan inflasi, konferensi pers, itu mengumpulkan kembali momentum bullish dan naik di atas 1,2700.

Emas mencatat penurunan satu hari terbesar sejak November karena kehilangan lebih dari 1,5% di tengah lonjakan imbal hasil obligasi Treasury AS. XAU/USD mendekati area support kritis di dekat $1.800 dan tekanan jual teknis baru dapat disaksikan jika level tersebut gagal bertahan.

USD/JPY naik hampir 100 pip didukung oleh kenaikan imbal hasil AS pada hari Rabu dan tampaknya telah memasuki fase konsolidasi di bawah 115,00 Kamis pagi.

Bitcoin naik tajam dengan reaksi awal terhadap pernyataan kebijakan Fed tetapi gagal mempertahankan momentum pemulihannya. BTC turun hampir 2% hari ini di $36.000 di awal sesi Eropa. Ethereum kehilangan lebih dari 2% pada hari ini mendekati $2.400 setelah menutup dua hari sebelumnya datar.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik