Bantuan

Fokus Minggu Ini 27 Juni - 1 Juli

27/06/2022, 10:25

Berikut agenda penting yang akan terjadi di minggu ini, 27 Juni - 1 Juli :

Bank Sentral Eropa (ECB) akan mengadakan pertemuan tahunan di Portugal, di mana Presiden ECB Christine Lagarde, bersama dengan Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell dan Gubernur Bank of England Andrew Bailey akan hadir dalam diskusi panel pada hari Rabu. Paruh pertama dari tahun yang sangat bergejolak di pasar berakhir, dengan investor bertanya-tanya apakah enam bulan ke depan dapat membawa jeda atau lebih banyak volatilitas. Kalender ekonomi menampilkan indeks harga PCE - pengukur inflasi yang diawasi oleh The Fed - bersama dengan data inflasi terbaru dari Zona Euro dan PMI China. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda.

1. Forum Sintra

Forum tiga hari ECB di Sintra Portugal akan berlangsung pada hari Senin dengan latar belakang beban apakah bank sentral bergerak untuk membasmi lonjakan inflasi terkuat dalam beberapa dekade dapat mengarahkan ekonomi global ke dalam resesi.

Forum ini akan berfokus pada “tantangan untuk kebijakan moneter di dunia yang berubah dengan cepat.”

Investor akan mencermati diskusi panel hari Rabu dengan Lagarde, Powell dan Bailey untuk mendapat wawasan tentang bagaimana kepala bank sentral memandang pertukaran pemikiran antara mengendalikan inflasi sambil tetap berusaha memastikan ‘pemulihan mulus’ bagi ekonomi global.

Komentar oleh pejabat ECB juga akan diawasi dengan cermat untuk mengetahui rincian lanjutan tentang alat anti-fragmentasi yang direncanakan.

2. Babak pertama tahun ini yang panas berakhir

Enam bulan yang ditandai dengan siklus kenaikan suku bunga terbesar dalam beberapa dekade, gejolak pasar dan perang yang memicu lonjakan inflasi hampir berakhir, ini membuat investor merenungkan apa yang mungkin terjadi pada paruh kedua.

S&P 500 turun sekitar 18% year to date, dan obligasi bernasib sedikit lebih baik: Pasar obligasi AS, sebagaimana diukur oleh Vanguard Total Bond Market Index Fund (NASDAQ:BND) ), turun 10,8% untuk tahun ini.

Dengan ekspektasi investor yang berfluktuasi antara inflasi tinggi yang berkelanjutan dan penurunan ekonomi yang disebabkan oleh pandangan Fed yang hawkish, hanya sedikit yang percaya bahwa volatilitas pasar akan mereda dalam waktu dekat.

"Inflasi masih meningkat dan itu berarti The Fed akan menaikkan lebih banyak dan bergerak lebih cepat, yang akan memberikan tekanan ke bawah pada ekonomi, sehingga menambah ketakutan resesi," Seema Shah, kepala strategi di Principal Global Investors mengatakan kepada Reuters.

"Ada juga tanda-tanda pelemahan ekonomi yang tumbuh lebih awal dari yang diharapkan."

3. Data ekonomi AS

AS akan merilis sejumlah data ekonomi dalam minggu ini yang akan menunjukkan bagaimana perekonomian berjalan di tengah siklus kenaikan suku bunga Fed yang agresif.

Investor akan mengamati dengan cermat data indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi hari Kamis untuk indikasi apakah inflasi turun.

Ekonom memperkirakan pesanan barang tahan lama akan melambat, kepercayaan konsumen semakin memburuk dan survei manufaktur melemah lebih lanjut, menambah kekhawatiran atas prospek ekonomi.

Sebuah laporan tentang penjualan rumah lama dan Indeks harga rumah Case-Shiller harusnya menunjukkan seberapa besar kenaikan suku bunga hipotek yang memukul sektor perumahan.

Beberapa pejabat Fed juga akan tampil selama minggu ini termasuk Presiden Fed New York John Williams, Presiden San Francisco Mary Daly, Presiden Fed Cleveland Loretta Mester dan Presiden Fed St. Louis James Bullard.

Jumat lalu, Daly - yang umumnya berpandangan dovish - mengindikasikan bahwa dia mendukung kenaikan suku bunga sebesar 75 basis poin pada pertemuan Fed Juli mendatang.

4. Inflasi zona euro

Zona Euro akan mempublikasikan data inflasi harga konsumen untuk bulan Juni pada hari Jumat, yang diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi baru sebesar 8,3% tahun ke tahun karena biaya energi dan makanan terus melonjak.

Inflasi zona euro mencapai rekor 8,1% pada Mei, empat kali lebih tinggi dari target tahunan 2% ECB.

Data inflasi kemungkinan akan menambah bahan bakar untuk perdebatan mengenai apakah ECB harus memberikan kenaikan suku bunga yang lebih besar setelah kenaikan 25 bps diisyaratkan untuk bulan Juli, dalam apa yang akan menjadi langkah pertama untuk memperketat kebijakan selama lebih dari satu dekade.

Angka inflasi nasional dari Spanyol dan Jerman akan dirilis pada hari Rabu.

Sementara itu, data kepercayaan konsumen Zona Euro pada hari yang sama diperkirakan akan tetap tertekan di tengah kekhawatiran yang berkelanjutan atas dampak ekonomi dari peningkatan inflasi serta perang di Ukraina.

5. Data China

China akan merilis data keuntungan industri pada hari Senin, diikuti oleh data PMI pada Kamis dan Jumat.

Angka positif dapat memberikan beberapa harapan untuk pasar keuangan yang suram.

Pembatasan nol-COVID dan ekonomi global yang melambat telah mendorong harga tembaga penentu pertumbuhan hampir berkurang 10% lebih rendah dalam dua minggu di Shanghai.

Tetapi pembatasan telah mereda dan jika data menunjukkan kembalinya pertumbuhan, itu akan menjadi sinyal yang disambut baik bagi ekonomi dan bagi mereka yang melihat saham China sebagai tempat berlindung dari ketakutan stagflasi yang mencengkeram Barat.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik