Bantuan

Forex Hari Ini, 28 April

28/04/2022, 18:20

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Kamis, 28 April:

Indeks Dolar AS naik ke level tertinggi dalam lebih dari lima tahun di atas 103,00 Kamis pagi dan sudah naik lebih dari 2% setiap minggu, didorong oleh penghindaran risiko dan ekspektasi Fed yang hawkish. Investor menunggu data Keyakinan Konsumen dan sentimen bisnis dari zona euro, laporan inflasi Jerman dan data Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal pertama dari AS. Meskipun kenaikan mengesankan yang disaksikan di indeks saham berjangka AS menunjukkan suasana pasar yang membaik di pagi Eropa, greenback mempertahankan kekuatannya terhadap rival utamanya, terutama JPY.

Saat Uni Eropa bersiap untuk menanggapi keputusan Rusia untuk menghentikan ekspor gas ke Polandia dan Bulgaria, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa rencana barat untuk mencekik ekonomi Rusia telah gagal dan menegaskan kembali bahwa mereka akan mencapai semua tujuan mereka di Ukraina. Sementara itu, Financial Times melaporkan pada hari sebelumnya bahwa perusahaan energi di Jerman, Austria, Hongaria dan Slovakia berencana untuk membayar gas Rusia dalam rubel, yang menurut Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen akan menjadi pelanggaran sanksi yang dikenakan terhadap Rusia.

EUR/USD jatuh di bawah 1,0500 untuk pertama kalinya sejak Januari 2017 di pagi hari Eropa pada hari Kamis sebelum melakukan rebound sederhana.

Bank of Japan (BOJ) mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka mempertahankan pengaturan kebijakan moneter tidak berubah seperti yang diharapkan secara luas. Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda mengatakan bahwa mereka perlu melanjutkan pelonggaran moneter yang kuat saat ini dengan cara yang sabar. "Bank sentral Barat menormalkan kebijakan mereka tetapi Jepang tidak dalam situasi seperti itu mengingat ekonomi dan tren harganya," lanjut Kuroda, menyoroti divergensi kebijakan. Pada gilirannya, USD/JPY terakhir terlihat diperdagangkan pada level tertinggi dalam lebih dari 20 tahun di sekitar 130,50, naik 1,5% setiap hari.

GBP/USD merosot di bawah 1,2500 selama jam perdagangan Asia pada hari Kamis tetapi berhasil rebound moderat di awal sesi Eropa. Dengan tidak adanya rilis data makroekonomi tingkat tinggi dari Inggris, pasangan ini tetap bergantung pada penilaian pasar dolar.

Emas berbalik ke selatan dan ditutup jauh di wilayah negatif pada hari Rabu setelah membukukan kenaikan harian sederhana pada hari Selasa. XAU/USD memperpanjang penurunannya ke terendah baru 10-minggu di awal sesi Asia sebelum berbalik datar hari ini di dekat $1,885.

Bitcoin naik hampir 3% pada hari Rabu tetapi terus diperdagangkan di bawah level kunci $ 40.000. Ethereum berfluktuasi dalam kisaran yang relatif ketat di sekitar $2.900 Kamis pagi setelah rebound hari Rabu.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik