Bantuan

Forex Hari Ini, 29 Juni

29/06/2022, 16:00

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Rabu, 29 Juni:

Greenback memanfaatkan arus safe-haven pada hari Selasa dan Indeks Dolar AS naik lebih dari 0,5%. Pasar tetap berhati-hati pada pertengahan minggu dan dolar terus bertahan terhadap rival utamanya. Data sentimen bisnis dari kawasan euro , angka inflasi Jerman dan revisi akhir Produk Domestik Bruto kuartal pertama dari AS akan dipandang sebagai dorongan baru. Lebih penting lagi, Ketua FOMC Jerome Powell, Presiden ECB Christine Lagarde dan Gubernur BOE Bailey akan berbicara di Forum tahunan ECB tentang Perbankan Sentral.

Data dari AS menunjukkan pada hari Selasa bahwa sentimen konsumen terus melemah di bulan Juni dengan Indeks Keyakinan Konsumen Conference Board turun ke 98,7 dari 103,2 di bulan Mei. Selain itu, survei menunjukkan bahwa ekspektasi tingkat inflasi konsumen satu tahun naik menjadi 8% dari angka revisi bulan Mei sebesar 7,5%. Sebagai tanggapan, S&P 500 kehilangan hampir 2%.

EUR/USD berada di bawah tekanan bearish baru dan jatuh di bawah 1,0500 di awal sesi Eropa setelah ditutup jauh di wilayah negatif pada hari Selasa. Pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) Gediminas Simkus mengatakan pada hari Rabu bahwa sangat mungkin bagi bank untuk menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 50 basis poin pada bulan September tetapi komentar ini gagal membantu mata uang bersama menemukan permintaan. Sementara itu, Reuters melaporkan bank sedang mengevaluasi apakah akan mengumumkan ukuran dan durasi skema pembelian obligasi yang akan digunakan untuk melawan fragmentasi pada pertemuan kebijakan berikutnya.

GBP/USD diperdagangkan di bawah 1,2200 di pagi Eropa. Kegelisahan politik terkait Brexit membebani pound Inggris setelah anggota parlemen menyetujui RUU yang memungkinkan para menteri untuk menghilangkan bagian-bagian dari Protokol Irlandia Utara.

AUD/USD naik moderat selama jam perdagangan Asia setelah data dari Australia menunjukkan bahwa Penjualan Ritel naik 0,9% pada basis bulanan di bulan Mei, melampaui ekspektasi pasar sebesar 0,4% dengan selisih yang lebar. Namun, dengan dolar mempertahankan kekuatannya, pasangan ini jatuh ke wilayah negatif di bawah 0,6900.

USD/JPY mengkonsolidasikan kenaikannya di atas 136,00 setelah menutup tiga hari perdagangan sebelumnya lebih tinggi. "Tidak seperti ekonomi lainnya, ekonomi Jepang belum banyak terpengaruh oleh tren inflasi global sehingga kebijakan moneter akan terus akomodatif," kata Gubernur Bank of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda di pagi hari.

Emas terus mendorong lebih rendah dan menyentuh level terendah dalam hampir dua minggu di $1.816. Dengan benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun kehilangan hampir 1% pada Rabu pagi, penurunan XAU/USD tetap terbatas untuk saat ini.

Bitcoin tetap tertinggal dan mendekati $20.000. Ethereum jatuh untuk hari keempat berturut-turut dan terakhir terlihat kehilangan lebih dari 1% hari ini di $1.130.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik