Bantuan

Forex Hari Ini, 29 November

29/11/2022, 15:00

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 29 November:

Menyusul tindakan risk-off hari Senin, suasana pasar tampaknya telah membaik pada Selasa pagi dengan indeks ekuitas utama Asia mencatatkan kenaikan harian yang mengesankan. Indeks Dolar AS , yang naik lebih dari 0,5% pada hari Senin, berbelok ke selatan dengan Dolar AS berjuang untuk menemukan permintaan sebagai tempat berlindung yang aman. Komisi Eropa akan merilis survei sentimen bisnis dan konsumen di sesi selanjutnya. Destatis Jerman akan mempublikasikan angka inflasi November dan kalender ekonomi AS akan menampilkan data Indeks Harga Perumahan September bersama Indeks Keyakinan Konsumen Conference Board. Data Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal ketiga dari Kanada juga akan dicermati untuk dorongan baru.

Regulator sekuritas China mengumumkan akan mengizinkan pengembang real estat untuk mengakses pembiayaan kembali. "Langkah baru, menambah kesibukan tindakan pemerintah baru-baru ini untuk menstabilkan pasar perumahan dan ekonomi pada umumnya, dimaksudkan untuk membiarkan pengembang yang terdaftar menggunakan pasar modal untuk meringankan kesengsaraan pendanaan mereka," Global Times melaporkan. Menyusul perkembangan ini, Shanghai Composite tetap di jalurnya untuk mengakhiri hari lebih dari 2% lebih tinggi dan Hang Seng Hong Kong naik hampir 4%.

Selain itu, komentator Global Times Hu Xijin men-tweet "China mungkin keluar dari bayang-bayang COVID-19 lebih cepat dari yang diharapkan," memberikan dorongan tambahan untuk sentimen risiko. Mencerminkan suasana pasar yang membaik, indeks saham berjangka AS naik antara 0,2% dan 0,5% di awal pagi Eropa.

EUR/USD mendapatkan daya tariknya setelah ditutup di wilayah negatif pada hari Senin dan terakhir terlihat merayap lebih tinggi menuju 1,0400. Saat bersaksi di depan Komite Urusan Ekonomi dan Moneter (ECON) Parlemen Eropa pada hari Senin, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde menegaskan kembali bahwa suku bunga akan tetap menjadi alat utama mereka untuk memerangi inflasi. Mengomentari prospek ekonomi, Lagarde mencatat bahwa pertumbuhan di zona euro diperkirakan akan terus melemah hingga akhir tahun ini dan awal tahun 2023.

GBP/USD turun di bawah 1,1950 pada Senin malam tetapi berbalik arah pada Selasa pagi. Pada saat berita ini dimuat, pasangan ini diperdagangkan di wilayah positif di sekitar 1,2000. Gubernur Bank of England (BOE) Andrew Bailey dijadwalkan untuk menyampaikan pidato pada 1800 GMT.

USD/JPY menyentuh level terendah sejak akhir Agustus di 137,50 pada hari Senin karena Yen Jepang memanfaatkan aliran safe-haven. Dengan Dolar AS yang bertahan pada Selasa pagi, pasangan ini mengalami kesulitan untuk melakukan rebound. Reuters melaporkan pada hari Selasa bahwa 24 dari 26 ekonom yang disurvei baru-baru ini mengatakan bahwa mereka memperkirakan kebijakan Bank of Japan selanjutnya adalah "melonggarkan kebijakan moneter ultra-longgarnya."

Yang baru dari China membantu harga Emas mengumpulkan momentum bullish dan XAU/USD telah menghapus semua penurunan yang dideritanya pada hari Senin. Pasangan ini terakhir terlihat naik 0,7% hari ini di $1.755. Imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun tetap tenang di bawah 3,7%, memungkinkan persepsi risiko untuk mendorong tindakan XAU/USD.

Penurunan harga minyak mentah membebani Dolar Kanada pada hari Senin dan USD/CAD naik ke level tertinggi dalam hampir tiga minggu di 1,3505. Dengan barel West Texas Intermediate naik hampir 3% pada awal Selasa, USD/CAD tetap di bawah tekanan bearish dan diperdagangkan jauh di wilayah negatif di sekitar 1,3430. Perekonomian Kanada diperkirakan tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 3,5% pada kuartal ketiga, naik sedikit dari 3,3% yang tercatat pada kuartal kedua.

Bitcoin mulai naik lebih tinggi dan terakhir terlihat naik 1,5% hari ini di $16.450 setelah menutup empat hari perdagangan sebelumnya di wilayah negatif. Didukung oleh suasana pasar yang optimis, Ethereum naik 3% hari ini, diperdagangkan sedikit di atas $1.200.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik