Bantuan

Forex Hari Ini, 30 Maret

30/03/2022, 15:45

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Rabu, 30 Maret:

Optimisme yang diperbarui untuk solusi diplomatik untuk konflik Rusia-Ukraina memungkinkan aliran risiko mendominasi pasar keuangan pada hari Selasa dan menyebabkan greenback kehilangan minat. Dolar tetap melemah pada Rabu pagi karena fokus bergeser ke ADP Employment Change dan data PDB Q4 dari AS. Kalender Eropa akan menampilkan laporan inflasi Jerman dan angka sentimen zona euro juga. Selain itu, investor akan mencermati perkembangan geopolitik.

Setelah pembicaraan hari Selasa, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa mereka akan mengurangi aktivitas militer di sekitar Kyiv dan Chernihiv. Selain itu, salah satu negosiator untuk Ukraina mencatat bahwa mereka membuat kemajuan yang cukup untuk mengadakan pertemuan antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin.

Meskipun Pentagon mengatakan Rabu pagi bahwa Rusia memindahkan pasukan di sekitar Kyiv alih-alih menarik mereka, tindakan pasar belum menunjukkan pergeseran sentimen negatif yang nyata dengan indeks saham berjangka AS diperdagangkan datar pada hari itu. Indeks Dolar AS , yang turun 0,7% pada hari Selasa, sudah turun 0,3% di dekat 98,00 dan imbal hasil obligasi-T AS 10-tahun turun 1,3% pada 2,37%. Pada catatan yang sama, intelijen militer Inggris berpendapat bahwa pasukan Rusia kembali ke Belarus untuk mengatur ulang dan memasok.

Selama jam perdagangan Asia, USD/JPY turun tajam menuju 121,00. Sebagai tanggapan, Bank of Japan (BOJ) mengumumkan bahwa mereka telah melakukan operasi pasar darurat dengan menawarkan untuk membeli obligasi pemerintah Jepang 10-25 tahun senilai JPY100 miliar tetapi pasangan ini gagal untuk melakukan pemulihan yang meyakinkan. Mengomentari pergerakan pasar terbaru, Gubernur BOJ Kuroda mencatat bahwa biaya pembelian dolar AS untuk membeli komoditas adalah salah satu faktor utama di balik pelemahan JPY baru-baru ini.

EUR/USD mencapai level tertinggi dalam lebih dari sepuluh hari di 1,1137 pada hari Selasa dan menghentikan penurunan beruntun empat hari. Pasangan ini berpegang teguh pada kenaikan harian sederhana di atas 1,1100 pada Rabu pagi.

GBP/USD naik di atas 1,3150 selama jam perdagangan Eropa pada hari Selasa tetapi menghapus kenaikan hariannya menjadi ditutup datar di dekat 1,3100. Pada saat penulisan, pasangan ini diperdagangkan di wilayah positif dekat 1,3120.

Emas jatuh ke level terlemah sejak akhir Februari di $1.890 pada hari Selasa. Dengan imbal hasil obligasi Treasury AS berbalik ke selatan, XAU/USD membalikkan arahnya selama sesi Amerika dan terus naik lebih tinggi pada awal Rabu. Pasangan ini terakhir terlihat membukukan kenaikan harian sederhana di atas $1.920.

Meskipun suasana pasar membaik, Bitcoin kehilangan momentum bullish pada hari Selasa dan mencatat kerugian harian kecil. BTC/USD diperdagangkan datar di dekat $47.500 sejauh ini pada hari ini. Ethereum naik ke level tertinggi sejak awal Januari di $3.483 pada hari Selasa sebelum memasuki fase konsolidasi di dekat $3.400 pada Rabu pagi.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik