Bantuan

Fokus Minggu Ini 31 Jan - 4 Feb

31/01/2022, 13:15

Laporan pekerjaan AS untuk Januari akan menjadi fokus utama pasar minggu ini karena investor mencoba mengukur seberapa agresif Federal Reserve dapat bertindak dalam memerangi inflasi. Kinerja pendapatan perusahaan akan terus berlanjut, dengan raksasa teknologi Amazon dan induk Google Alphabet akan melaporkannya. Volatilitas pasar yang meningkat tampaknya akan berlanjut dan Bank of England serta European Central Bank menggelar rapat kebijakan. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda.

Laporan pekerjaan AS

AS akan merilis laporan ketenagakerjaan nonpertanian Januari pada hari Jumat dan para ekonom memperkirakan ekonomi menambahkan 155.000 pekerjaan, melambat dari 199.000 pada bulan Desember karena dampak varian Omicron.

Indikasi berlanjutnya kekuatan di pasar tenaga kerja dapat menambah ekspektasi tentang seberapa agresif Fed memperketat kebijakan moneter dalam pertempurannya untuk memerangi tingkat inflasi yang tinggi.

The Fed memberi sinyal kenaikan suku bunga Maret setelah pertemuan kebijakannya pekan lalu dan Ketua Jerome Powell mengakui bahwa para pejabat dapat bergerak lebih cepat daripada empat kenaikan suku bunga yang telah diperkirakan pasar untuk tahun ini.

Pada hari Jumat, Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan bank sentral dapat menaikkan suku bunga sebanyak setengah poin persentase jika inflasi tetap tinggi.

Goldman Sachs memperkirakan Fed akan menaikkan suku bunga lima kali tahun ini, naik dari empat sebelumnya, dengan kenaikan pertama diharapkan terjadi pada bulan Maret, menurut catatan dari para ekonom pada Jumat malam.

Pendapatan

Sejumlah besar laporan pendapatan lainnya akan dirilis selama seminggu ini, termasuk dari perusahaan besar Alphabet dan Amazon, masing-masing pada hari Selasa dan Kamis setempat.

Saham-saham teknologi telah berada di bawah tekanan sepanjang tahun ini karena investor lebih enggan untuk berinvestasi pada perusahaan valuasi yang besar dan kuat untuk saham-saham pertumbuhan di tengah kenaikan imbal hasil karena rencana Fed memperketat kebijakan untuk bisa mengendalikan inflasi.

Sejauh ini, musim pendapatan ini, investor telah fokus pada proyeksi, dan sejauh mana perusahaan memperkirakan tantangan pasokan global yang tengah berlangsung akan memengaruhi labanya ke depan.

Investor yang gelisah telah menghukum perusahaan seperti Netflix, JPMorgan dan Tesla yang memberikan hasil kinerja kurang memuaskan dalam beberapa minggu terakhir.

Pendapatan lain yang dicatat minggu ini yakni Meta Platforms, General Motors, Ford, Exxon Mobil, Bristol-Myers Squibb dan Merck.

Beli saat turun?

Penurunan tajam saham-saham AS pada Januari telah mendorong beberapa investor untuk mulai mengamati valuasi ekuitas untuk melihat apakah sekarang saat yang tepat untuk mengambil saham dengan harga murah.

S&P 500 sejauh ini telah turun lebih dari 9% pada tahun 2022, sementara Nasdaq yang sarat saham-saham teknologi berada di wilayah koreksi setelah jatuh hampir 15%.

Pembelian setelah pembalikan terbayar bagi banyak investor selama dua tahun terakhir, ketika banyak stimulus era pandemi mendorong saham ke serangkaian level rekor tertinggi baru. Tetapi dengan sebanyak lima kenaikan suku bunga Fed tahun ini, investor harus menerima kenyataan baru.

Penurunan pasar belum cukup kuat bagi analis, yang awal pekan lalu menyatakan dalam catatan bahwa masih "terlalu dini untuk membeli penurunan".

Di sisi lain, kekuatan hasil pendapatan kuartal IV, yang terus bergulir dengan musim pendapatan S&P 500 yang belum mencapai titik tengah, dapat memperkuat alasan bagi investor yang ingin membeli dengan harga diskon.

Kenaikan suku bunga Bank of England

BOE diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 0,25% lagi pada pertemuan kebijakan mendatang pada hari Kamis, untuk mengendalikan inflasi, yang mencapai level tertinggi dalam tiga puluh tahun.

Pada bulan Desember BOE menjadi bank sentral besar pertama di dunia yang menaikkan suku bunga sejak awal pandemi dan pengamat pasar akan tertarik untuk mendengar apa yang dikatakan Gubernur Andrew Baily mengenai jalur suku bunga di masa depan.

Kenaikan suku bunga yang diharapkan juga akan memberikan arti bahwa ambang batas bank untuk mulai memangkas neracanya akan terpenuhi dan ini bisa berlangsung segera pada bulan Maret.

Data zona euro dan rapat ECB

Zona Euro akan merilis data PDB kuartal IV dan angka inflasi Januari menjelang pertemuan ECB Kamis. Data PDB diperkirakan menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi melambat dalam tiga bulan hingga Desember sementara inflasi diperkirakan akan turun.

Langkah ECB berbeda dari Fed dan BOE, karena mempunyai pandangan prospek kenaikan suku bunga yang masih jauh.

Pengamat pasar tidak mengharapkan adanya perubahan apapun pada kebijakan moneter dari ECB minggu ini - sebaliknya Kepala ECB Christine Legarde menghadapi tantangan untuk mengomunikasikan bahwa para pengambil kebijakan tetap mempertahankan sikap hawkishnya terhadap inflasi sambil meredam spekulasi prematur mengenai kenaikan suku bunga.

Fokus Minggu Ini

Senin

Pasar tutup untuk Festival Musim Semi di Tiongkok, Hari Tahun Baru di Korea Selatan, dan Tahun Baru Imlek di Hong Kong

07.30 : Australia – Penjualan Ritel : diperkirakan hampir separuh menjadi 3,9% dari 7,3%.

Selasa
10.30 : Australia – Keputusan Suku Bunga RBA : diperkirakan akan tetap di 0,10%.

Pasar tetap tutup di China, Korea Selatan, dan Hong Kong untuk liburan

15.55 : Jerman – PMI Manufaktur : kemungkinan akan tetap datar di 60,5.

15.5 5: Jerman – Perubahan Pengangguran : diperkirakan akan melonjak ke -8K dari -23K.

16.30 : Inggris - IMP Manufaktur : terlihat tetap stabil di 56,9.

20.30 : Kanada – PDB : diyakini telah turun menjadi 0,4% di bulan November, dari 0,8% sebelumnya.

22.00 : AS – IMP Manufaktur ISM : turun ke 57,5 ​​dari 58,7.

22.00 : AS – JOLTs Lowongan Kerja : diperkirakan akan naik menjadi 11.075 juta dari 10.562 juta.

Rabu

Pasar tetap tutup di China, Korea Selatan, dan Hong Kong untuk liburan

17.00 : Zona Euro – CPI : turun menjadi 4,3% YoY dari 5%.

20.15 : AS – ADP Nonfarm Employment Change : terlihat turun hampir 75% menjadi 208 ribu dari 807 ribu.

22.30 : AS – Persediaan Minyak Mentah : cetakan sebelumnya menunjukkan peningkatan 2,377 juta barel.

Kamis

China dan Hong Kong tetap berlibur

16.30 : Inggris – IMP Jasa : diperkirakan naik tipis ke 53,5 dari 53,3.

19.00 : Inggris – Keputusan Suku Bunga BoE : suku bunga diprediksi naik menjadi 0,50% dari 0,25%.

19.45 : Zona Euro – Keputusan Suku Bunga ECB : diperkirakan akan tetap stabil di 0,00%.

20.30 : AS – Klaim Pengangguran Awal : diperkirakan turun ke 245 ribu dari 260 ribu.

20.30 : Zona Euro – Konferensi Pers ECB

22.00 : AS – IMP Non-Manufaktur ISM : diperkirakan turun ke 59,3 dari 62,3.

Jumat

Pasar China tetap tutup untuk Liburan Musim Semi

16.30 : Inggris – IMP Konstruksi : bertahan stabil di 54,3.

20.30 : AS – Nonfarm Payrolls : diprediksi turun hampir seperempat menjadi 155 ribu dari 199 ribu.

20.30 : AS – Tingkat Pengangguran : diperkirakan akan tetap di 3,9%.

20.30 : Kanada – Perubahan Ketenagakerjaan : terlihat turun ke -125.0K dari 54.7K.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik