Bantuan

Forex Hari Ini, 31 Maret

31/03/2022, 16:50

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Kamis, 31 Maret:

Terlepas dari atmosfer pasar yang menghindari risiko, dolar terus melemah terhadap para pesaingnya pada hari Rabu dan Indeks Dolar AS turun lebih dari 0,5% sebelum memasuki fase konsolidasi pada Kamis pagi. Biro Analisis Ekonomi AS akan merilis Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE), ukuran inflasi pilihan Fed, untuk Februari bersama Angka Pendapatan Pribadi dan Pengeluaran Pribadi. Klaim Pengangguran Awal mingguan juga akan ditampilkan dalam kalender ekonomi AS. Pada paruh kedua hari itu, aliran akhir bulan/kuartal juga dapat menyebabkan volatilitas pasar meningkat. Akhirnya, pertemuan tingkat menteri penuh OPEC akan berlangsung di kemudian hari.

Meskipun pasar menjadi harapan untuk solusi diplomatik untuk konflik Rusia-Ukraina setelah pembicaraan Selasa, berita utama Rabu memaksa investor untuk berhati-hati. Seorang juru bicara Kremlin mengatakan bahwa mereka belum melihat apa pun yang dapat dinilai sebagai "terobosan" dalam negosiasi mereka dengan Ukraina. Kementerian Pertahanan Ukraina mencatat bahwa pasukan Rusia sedang bersiap untuk melanjutkan operasi ofensif dan Pentagon menyatakan Rusia mulai memposisikan ulang hanya sekitar 20% dari pasukan yang telah ditempatkan di sekitar Kyiv.

Sebelumnya pada hari itu, data dari China menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di sektor manufaktur dan jasa mengalami kontraksi pada Maret. Pasangan AUD/USD dan NZD/USD berada di bawah tekanan bearish moderat setelah data ini dan turun tipis selama jam perdagangan Asia.

Untuk hari keempat berturut-turut pada hari Kamis, Bank of Japan (BOJ) melakukan pembelian tak terbatas obligasi pemerintah Jepang (JGB) 10-tahun dengan harga 0,25%. Setelah menutup dua hari perdagangan sebelumnya di wilayah negatif, USD/JPY naik tipis selama jam perdagangan Asia tetapi jatuh kembali di bawah 122,00 di pagi Eropa.

GBP/USD mundur menuju 1,3100 pada hari sebelumnya tetapi mendapatkan kembali daya tariknya pada data yang optimis. Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan pada hari Kamis bahwa Produk Domestik Bruto meningkat sebesar 6,6% pada basis tahunan di kuartal keempat, melampaui perkiraan awal dan ekspektasi pasar sebesar 6,5%.

EUR/USD mempertahankan kenaikan harian sederhana di atas 1,1150 pada Kamis pagi setelah berhasil membukukan kenaikan yang mengesankan dalam dua hari sebelumnya. Destatis Jerman mengumumkan bahwa Penjualan Ritel naik 0,3% pada basis bulanan di Februari, dibandingkan dengan perkiraan analis 0,5%.

Emas turun menuju $1.920 selama sesi Asia pada hari Kamis tetapi menghapus sebagian dari kerugian hariannya dengan benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun berbalik ke selatan dan kehilangan hampir 1% pada hari itu.

Bitcoin terus berfluktuasi dalam kisaran sempit di dekat $47.000 untuk hari kedua berturut-turut pada hari Kamis. Ethereum berjuang untuk menemukan arah pada hari Rabu dan tetap relatif tenang di sekitar $3.400 Kamis pagi

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik