Bantuan

Fokus Minggu Ini, 27-31 Desember

27/12/2021, 14:10

Minggu terakhir tahun 2021 tampaknya menjadi akhir yang tenang untuk tahun yang bergejolak tetapi menguntungkan bagi investor. Minggu liburan ini berarti perdagangan akan dipersingkat di banyak pasar non-AS, dan volume perdagangan yang lebih rendah kemungkinan besar terjadi di seluruh papan. Apakah itu menetapkan adegan untuk akhir yang positif tahun ini, atau dapatkah kejutan yang terlambat bisa muncul?

Inilah hal yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda.

Reli Santa jadi sorotan

Perdagangan minggu lalu, utamanya menjelang akhir minggu, memberikan semangat liburan, di mana S&P 500 ditutup Kamis di level tertinggi sepanjang masa dan banyak indeks dunia lainnya baru-baru ini atau tahun ini mencatatkan level tertinggi. Itu membuka peluang untuk minggu ini dan apa yang disebut "reli Santa", karena volume rendah dan tidak ada berita yang memungkinkan harga aset mengikuti jalur dengan resistensi paling rendah, yang sering kali beranjak lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Konon, liburan akhir pekan AS terakhir, Thanksgiving, bertepatan dengan berita varian Omicron, sebuah pengingat bahwa jika berita buruk muncul, efeknya juga dapat dibesar-besarkan oleh perdagangan yang tidak teratur.

Persediaan minyak mentah

Di tengah data minggu yang lambat, investor dan trader mungkin sebaiknya tetap fokus pada laporan persediaan minyak mentah hari Rabu. Minggu lalu tercatat penurunan terbesar persediaan sejak September, yang bersama dengan bantuan atas tingkat keparahan yang lebih rendah dari varian Covid-19 Omicron, mendorong harga minyak naik sebesar 4% selama seminggu. Pada saat yang sama, persediaan bensin naik jauh lebih besar dari yang diharapkan, yang mungkin merupakan tanda dari permintaan bahan bakar yang melambat di tengah lonjakan Omicron yang sama di peserta industri AS yang mengantisipasi pemulihan penuh untuk permintaan pra-Covid pada tahun 2022, di mana OPEC+ berencana untuk meningkatkan pasokan, dan ini akan menjadi pemeriksaan terakhir sebelum tahun baru untuk melihat apakah cerita itu bertahan selama musim dingin.

Sejumlah laporan ekonomi dan korporat

Ada beberapa laporan rutin yang keluar minggu ini, termasuk laporan penjualan rumah lama pada hari Rabu, klaim pengangguran mingguan pada hari Kamis, dan laporan PMI Chicago keluar pada hari Kamis. Masing-masing akan memberikan pembacaan akhir tahun tentang berbagai aspek ekonomi, termasuk pembacaan inflasi dan ekspansi ekonomi dan di mana kita berada dalam siklus.

Cal-Maine Foods adalah yang utama dari jadwal pelaporan pendapatan yang sedikit ini, di mana produsen telur ini akan melaporkannya Selasa setelah bel penutupan. Hal ini dapat memberikan indikasi terhadap biaya/inflasi dalam industri pertanian.

Omicron

Kala musim liburan mendatangkan masalah atas pola pengujian Covid-19 reguler, membedakan tingkat keparahan varian Omicron akan terus menjadi atensi paling penting bagi investor dan trader. Reli minggu lalu sebagian didorong oleh sejumlah laporan bahwa Omicron dapat menyebar lebih cepat daripada varian Covid-19 sebelumnya tetapi juga risiko rawat inap yang ditimbulkannya secara signifikan lebih rendah, baik karena tingkat infeksi yang lebih tinggi kekebalan populasi atau sifat varian itu sendiri.

Dua hal yang harus diperhatikan adalah apakah data awal ini mendapat dukungan lagi, dan apa dampak tanggapan masyarakat dan pemerintah di pasar. Afrika Selatan, tempat Omicron pertama kali diidentifikasi, telah melonggarkan beberapa aturan karantina dan pengujian yang diberlakukan setelah kemunculan Omicron, dan tarik ulur antara menjaga rumah sakit agar pasien tidak membludak, tidak merusak musim liburan, dan menjaga orang tetap aman terus berlanjut bagi pemerintah, masih harus dilihat apakah pemerintah lain akan mengikuti jejak Afrika Selatan, dan apakah "akhir pandemi" yang diklaim sudah diperhitungkan ke pasar.

China

China kembali menjadi sorotan untuk menyelesaikan tahun ini. PMI Desember akan dirilis pada minggu ini, dengan perkiraan angka manufaktur sebesar 49,6, yang berarti sedikit kontraksi dalam aktivitas. Angka itu telah berada di sekitar titik impas 50, dan China sejauh ini mengambil sikap yang lebih keras untuk menahan penyebaran varian Omicron, angka ini akan tetap diwaspadai.

Saham China juga diwaspadai setelah negara tersebut merilis rancangan aturan yang akan mengarah pada pengawasan yang diperketat terhadap listing luar negeri tetapi masih mengizinkan perusahaan China untuk listing di luar negeri. Setelah tahun yang penuh gejolak untuk saham-saham China, kejelasan ini, meskipun merupakan kebijakan yang lebih ketat dari masa lalu, dapat memberikan kelegaan bagi investor.

Terakhir, Baidu menyelenggarakan konferensi metaverse pada hari Senin, yang disebutnya sebagai yang pertama di China. Ini beriringan dengan langkah perusahaan memulai pengujian aplikasi metaverse-nya secara internal.

Semoga liburan akhir tahun ini menyenangkan dan tahun 2022 tetap sehat dan sejahtera!

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik