Traders, tentunya sudah tidak asing lagi mendengar kata “saham” kan? Saat ini banyak orang yang tertarik untuk melakukan investasi saham untuk tujuan investasi bahkan mencari keuntungan dari aktivitas jual beli saham.

Kita tentunya sudah tidak asing dengan merek-merek seperti Facebook, Apple, Google, Alibaba, Amazon, Pfizer, Coca-Cola, Mcdonald’s, Microsoft, dll. Dimana kita mungkin pengguna dari salah satu atau beberapa merek tersebut.

Nah, daripada kita hanya menjadi pengguna merek-merek tersebut, kenapa kita tidak mencoba mencari keuntungan dari merek-merek tersebut? Bagaimana caranya? Tentu saja dengan melakukan trading saham dan melakukan jual beli saham dari perusahaan-perusahaan pemegang merek tersebut.

 Apa Itu Saham?

saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan menerbitkan saham, perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang menawarkan persentase kepemilikan tertentu kepada pembeli saham dengan imbalan uang tunai.

Di sisi lain, CFD (Contract for Difference) merepresentasikan peluang bagi trader untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan harga saham, tanpa benar-benar memiliki saham tersebut. Saham CFD merupakan salah satu produk keuangan ter-leverage yang disediakan oleh broker CFD, bukan broker saham. Karena ditunjang oleh fasilitas leverage yang cukup besar, maka trader hanya perlu menyediakan dana dalam jumlah kecil saja untuk trading saham CFD, ketimbang trading saham biasa. Dan di Finex anda bisa memperdagangkannya!

Lalu bagaimana cara kita bertransaksi saham? Saat ini, kita sudah bisa bertransaksi saham online. Kita bisa trading saham secara online, tanpa harus datang ke bursa atau perusahaan pialang seperti dahulu. Kita bisa melakukan jual beli saham kapanpun dan dimanapun kita berada.

2.jpg

Bagaimana Cara Trading Saham?

Proses bagaimana cara berdagang di saham adalah proses yang sama dengan langkah yang anda ikuti ketika anda ingin memperdagangkan asset keuangan lainnya. Berikut adalah langkah-langkah tentang cara berdagang saham:

1. Membuka Akun Perdagangan Saham

Kabar baik untuk anda, di Finex sekarang sudah tersedia akun trading Pro+ yang bisa digunakan untuk online trading saham. 

2. Saring Dan Teliti Saham Yang Ingin Anda Beli

Ada banyak pilihan saham yang tersedia untuk anda beli. Bagi anda investor saham pemula, bisa memulai dengan memilih saham yang familiar dengan anda dan memiliki. Jangan membeli saham dari perusahaan yang belum pernah anda dengar sebelumnya. Ingat, dengan membeli saham, otomatis anda juga adalah pemilik dari perusahaan tersebut.

3. Putuskan Berapa Banyak Yang Akan Diinvestasikan Dalam Bermain Saham

Dengan menentukan anggaran trading saham yang Anda gunakan, Anda akan lebih mudah menghitung keuntungan yang akan Anda dapatkan. Kelola dana yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Menggunakan lebih dari 10% portofolio Anda ke saham individu dapat membuat tabungan Anda tidak sehat. Jadi, pastikan Anda hanya menginvestasikan sejumlah uang yang Anda sudah perhitungkan dan masih dalam batas wajar jika Anda kehilangannya.

4. Pilih Jenis Pesanan Yang Akan Digunakan

Sebelum anda memutuskan melakukan pesanan online trading saham, tanyakan pada diri anda yang mana, dan mengapa saham itu yang anda pilih? Setelah anda mengetahuinya, inilah saatnya anda untuk memulai mengamati dan menguasai aksi harga dari saham tersebut. Bagi anda investor saham pemula, bisa belajar cara trading.

5. Lakukan manajemen portofolio saham anda

Salah satu kunci agar bisa meraih keuntungan di dalam main saham adalah dengan melakukan manajemen portofolio saham anda. Dengan manajemen portofolio saham yang baik, kita bisa memilih kapan waktu yang tepat untuk membeli saham dan tahu bagaimana waktu dan cara jual saham yang baik.

Bagi anda yang ingin bermain saham tetapi masih pemula, hal terpenting yang harus membangun mindset trading yang baik. Sekali lagi yang harus diperhatikan ketika akan melakukan trading saham, jangan asal membeli saham yang kurang dikenal, serta jangan memilih saham yang memiliki Capital Gain yang kecil untuk dikoleksi di dalam manajemen portofolio saham anda. Pilihlan saham yang benar-benar anda kenal dan ketahui nilai pasarnya dengan jelas untuk dikoleksi di dalam manajemen portofolio saham anda. Anda bisa memulai dengan belajar mindset dan management.

3.jpg

Tips Trading di Saham

Agar bisa meraih keuntungan di dalam bermain saham, ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh investor saham, diantaranya:

1. Membaca Referensi Dan Berita Ekonomi

Di dalam trading saham berita ekonomi menjadi factor penting di dalam trading saham. Berita-berita seperti laporan keuangan perusahaan, kondisi terkini perusahaan, serta sentiment yang sedang terjadi di pasar menjadi factor penting yang bisa mempengaruhi pergerakan saham. Semakin banyak informasi yang digali dan dikumpulkan semakin memudahkan anda memprediksi pergerakan saham pilihan anda di masa depan

2. Memilih Saham Dengan Kapitalisasi Besar

Cara mudah investasi saham selanjutnya adalah dengan memperhatikan kapitalisasi pasar, karena berhubungan erat dengan likuiditasnya. Kapitalisasi pasar yang besar sangat kita butuhkan, agar pergerakan saham yang kita investasikan benar-benar liquid. Selain itu pilih juga saham yang memiliki volatilitas yang tinggi.

3. Pelajari Saham Yang Akan Diperdagangkan

Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi pada saham individu, pastikan untuk menggunakan beberapa rasio analisis keuangan untuk membandingkan kinerja perusahaan dengan pesaingnya. Butuh ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih saham individu. Gunakan analisis komparatif yang ekstensif dapat membantu memastikan Anda menambahkan saham terbaik ke portofolio Anda.

4. Berdaganglah Di Waktu Terbaik

Agar mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam bermain saham tentunya harus tahu waktu yang terbaik untuk melakukannya. Dan waktu terbaik untuk trading saham itu ada di jam pertama setelah pembukaan atau sekitar pukul 20.35 WIB sampai dengan 21.30 WIB, serta menjelang jam penutupan perdagangan di jam 02.00 WIB hingga 03.00 WIB. Kenapa demikian?

Pada saat pembukaan banyak pesanan besar yang masuk ke pasar sehingga dapat menggeser harga saham. Dan ini dapat memberikan anda petunjuk pergerakan dalam satu arah. Karena anda isa mengikuti aliran pesanan dari pihak institusional dan berdagang bersama dengan uang pintar yang mengalir.

5. Tentukan Jenis Trading Yang Sesuai Untuk Anda

Menentukan jenis trading sama dengan menentukan arah jalan untuk mencapai tujuan Anda. Terdapat dua jenis utama perdagangan saham, yaitu perdagangan aktif dan perdagangan harian. Perdagangan aktif adalah perdagangan yang dilakukan investor sebanyak 10 atau lebih perdagangan per bulan. Biasanya, mereka menggunakan strategi yang sangat bergantung pada pengaturan waktu pasar, mencoba memanfaatkan peristiwa jangka pendek untuk menghasilkan keuntungan dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.

Perdagangan harian adalah strategi yang digunakan oleh investor yang bermain saham dengan cara membeli, menjual dan menutup posisi mereka dari saham yang sama dalam satu hari perdagangan tunggal, Tujuan perdagangan harian adalah menghasilkan beberapa dolar dalam beberapa menit, jam, atau hari berikutnya berdasarkan fluktuasi harga harian.

Kesimpulan

Online trading saham bisa menjadi pilihan investasi yang menguntungkan bagi investor. Agar tidak salah pilih saham, selalu luangkan waktu untuk membaca berita ekonomi dan memperhatikan sentiment pasar yang sedang terjadi agar portofolio saham anda tidak membikin pusing anda nantinya.