Bantuan

Forex Hari Ini, 5 Januari

05/01/2022, 15:15

Inilah yang perlu Anda ketahui pada Rabu, 5 Januari:

Greenback mengumpulkan kekuatan melawan para pesaingnya selama paruh pertama hari itu pada hari Selasa tetapi kehilangan momentumnya di akhir sesi Amerika. Lingkungan pasar yang menghindari risiko menyebabkan imbal hasil obligasi Treasury AS mundur dan Indeks Dolar AS menarik diri dari tertinggi dua minggu yang ditetapkan pada hari sebelumnya.

Di Rabu malam, laporan ketenagakerjaan sektor swasta AS yang diterbitkan oleh ADP dan risalah rapat kebijakan FOMC bulan Desember akan diawasi ketat oleh pelaku pasar. IHS Markit akan merilis revisi akhir untuk data IMP Jasa dan Komposit untuk kawasan euro, Jerman dan AS juga.

Mencerminkan suasana suram yang ditandai, Shanghai Composite Index turun 1% dan saham berjangka AS turun antara 0,3% dan 0,55%. Kekhawatiran yang sedang berlangsung seputar raksasa real estat China Evergrande, kekhawatiran inflasi dan penyebaran cepat virus corona varian Omicron memaksa reli risiko tetap terbatas.

Sementara itu, data dari AS menunjukkan pada hari Selasa bahwa aktivitas bisnis di sektor manufaktur tumbuh lebih lambat dari yang diharapkan pada bulan Desember. Pada catatan positif, komponen Harga yang Dibayar dari IMP Manufaktur ISM turun tajam menjadi 68,2 dari 82,4 di bulan November.

EUR/USD menutup hari kedua berturut-turut di wilayah negatif pada hari Selasa tetapi tampaknya telah menetap di sekitar 1,1300 di awal sesi Eropa.

GBP/USD turun di bawah 1,3500 tetapi berhasil mengumpulkan kembali momentum bullishnya. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa mereka memiliki kesempatan untuk "mengendarai gelombang Omicron ini" tanpa memberlakukan penguncian dan membantu pound menemukan permintaan.

USD/JPY memperpanjang reli ke tertinggi baru lima tahun di atas 116,00 pada hari Selasa. Dengan patokan imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun merayap lebih rendah pada Rabu pagi, pasangan ini diperdagangkan di wilayah negatif dekat 116,00.

Korelasi terbalik emas dengan imbal hasil obligasi Treasury AS tetap utuh pertengahan minggu. XAU/USD menguji $1.800 pada hari Selasa tetapi akhirnya menutup hari di wilayah positif di atas $1.810.

Bitcoin terus diperdagangkan mendekati batas bawah kisaran perdagangan satu bulannya di $46.000. Ethereum ditutup sedikit berubah pada hari Selasa dan mulai naik lebih tinggi menuju $4,000 Rabu pagi.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik