Bantuan

Forex Hari Ini, 22 Juli

22/07/2022, 16:15

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 22 Juli:

Meskipun euro mengumpulkan kekuatan setelah keputusan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk menaikkan suku bunga utamanya sebesar 50 basis poin, euro kehilangan momentum bullishnya Jumat pagi di tengah pergeseran negatif yang terlihat dalam sentimen risiko. Indeks Dolar AS naik lebih tinggi menuju 107,00 di sesi Eropa dan indeks saham berjangka AS turun antara 0,3% dan 0,8%. S&P Global akan merilis survei singkat IMP Manufaktur dan Jasa untuk Jerman, kawasan euro, Inggris, dan AS pada hari Jumat. Kalender ekonomi Kanada akan menampilkan data Penjualan Ritel Mei.

Selain peningkatan dosis dosis ganda, ECB meluncurkan alat anti-fragmentasi baru yang disebut Instrumen Perlindungan Transmisi (TPI). Bank juga mengabaikan panduan ke depan dengan mencatat bahwa setiap pertemuan akan ditayangkan dan mereka akan menilai data saat membuat keputusan. Presiden ECB Christine Lagarde menahan diri untuk tidak membagikan rincian penting mengenai TPI selama konferensi pers. Sementara itu, Presiden Italia Sergio Mattarella telah membubarkan parlemen Italia, memicu pemilihan cepat pada 25 September.

Setelah naik menuju 1,0300, EUR/USD menghapus sebagian dari kenaikan hariannya dan ditutup di wilayah positif dekat 1,0250 pada hari Kamis. Pasangan ini diperdagangkan di dekat 1,0200 awal Jumat.

GBP/USD ditutup hampir tidak berubah di dekat 1,2000 pada hari Kamis tetapi mulai mendorong lebih rendah menuju 1,1950 pada hari Jumat. Data yang diterbitkan oleh Kantor Statistik Nasional Inggris menunjukkan pada hari sebelumnya bahwa Penjualan Ritel turun 0,1% secara bulanan di bulan Juni. Dalam 12 bulan hingga Juni, penjualan turun 5,8%, dibandingkan dengan ekspektasi pasar untuk kontraksi 5,3%.

Tertekan oleh penurunan tajam yang disaksikan dalam imbal hasil obligasi Treasury AS, USD/JPY jatuh ke level terendah dalam lebih dari seminggu di dekat 137,00 tetapi berhasil membalikkan arah menjelang akhir pekan. Dengan benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun bertahan di wilayah positif setelah penurunan 5% pada hari Kamis, pasangan ini naik menuju 138,00. Menteri Keuangan Jepang, Shunichi Suzuki, mengatakan pada hari Jumat bahwa kenaikan suku bunga dapat mengetuk pemulihan ekonomi, menandakan dukungan untuk sikap Bank of Japan untuk mempertahankan stimulus moneter meskipun tren pengetatan global di tengah meningkatnya inflasi.

Emas akhirnya memanfaatkan penurunan hasil pada hari Kamis dan naik menuju $1.720. XAUUSD tetap relatif tenang di dekat level itu pada hari Jumat dan mempertahankan kenaikan mingguan moderat.

Bitcoin terus bergerak menyamping mendekati $23.000 setelah ditutup dua hari sebelumnya hampir tidak berubah. Ethereum mendorong lebih tinggi menuju $ 1.600 Jumat pagi setelah kenaikan 3,5% hari Kamis.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik